Inilah Sosok Penerima Anugerah Pelopor Pemberdayaan Masyarakat Dari Pemprov Jawa Barat Tahun 2018

BANDUNG-Heru Saleh, S.pd, pria yang lebih dikenal dengan panggilan Heru ini adalah salah seorang pendiri Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Assolahiyah yang bertempat di Dusun Cilempung, Desa Pasirjaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang.

PKBM Assolahiyah yang dibentuk Heru pada tahun 2008 ini adalah pusat belajar bagi masyarakat yang belum terlayani baik dari segi pendidikan, ekonomi ataupun lingkungan untuk dapat berkarya, berkarir serta memandirikan masyarakat Karawang pada khususnya dan juga sebagai bentuk pencarian solusi atas tingginya anak putus sekolah, rumah tangga miskin dan tingginya angka tuna aksara.

Atas dedikasinya tersebut, pemerintah Provinsi Jawa Barat memberikan penghargaan kepada PKBM Assolahiyah yang diterima oleh Heru setelah dinyatakan juara oleh Setda Provinsi Jawa Barat dalam acara penghargaan Anugerah Pelopor Pemberdayaan Masyarakat (APPM) Provinsi Jawa Barat Tahun 2018. Anugerah tersebut langsung diberikan oleh Pjs. Gubernur Jawa Barat, M. Iriawan, Sabtu (18/8) di Gasibu, Bandung.

Selain menjadi sosok penting di PKBM Assolahiyah dalam meraih kesuksesan baik ditingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional, Heru Saleh, S.Pd adalah salah satu penggiat Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) binaan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Karawang.

Sebelumnya Diskominfo Karawang menunjuk PKBM Assolahiyah sebagai perwakilan kabupaten mengikuti APPM Tahun 2018, sebab PKBM ini diketahui memiliki prestasi di tingkat provinsi dan nasional.

Penilaian yang telah dilakukan Provinsi Jawa Barat ini yaitu, pendidikan, ekonomi dan lingkungan. Bidang pendidikan meliputi penanganan terhadap anak-anak putus sekolah, tuna aksara dan rumah tangga miskin.

Sedangkan bidang ekonomi meliputi, pemanfaatan potensi lokal yang ada di Kabupaten Karawang. Kemudian bidang lingkungannya yaitu penanggulangan sampah yang disinergikan dengan Pemkab Karawang dan Pemerintah Pusat, termasuk andil dalam Program Citarum Harum.

Selain itu, PKBM ini mendirikan sekolah alam yang berbayar sampah atau pemanfaatan sampah yang bernilai ekonomi. Ini sesuai dengan tujuan awal PKBM ini berdiri, PKBM ini didirikan tahun 2008 sebagai bentuk solusi bagi anak-anak yang putus sekolah, rumah tangga miskin dan tingginya angka tuna aksara.

Heru Saleh memperoleh penghargaan sebagai sosok yang mampu menggeliatkan potensi daerahnya, melalui hasil presentasinya yang bertema Membangun Kemandirian Masyarakat Berbasis Potensi Lokal Melalui Strategi Academic, Bussines, Government & Community.

“PKBM Assolahiyah ini didirikan bagi masyarakat yang belum memperoleh layanan pendidikan dan ekonomi, PKBM ini berusaha menciptakan kemandirian masyarakat melalui potensi lokal yang dijadikan usaha bersama,” kata Heru Saleh.(one)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Daftar Penjaringan Cabup dan Cawabup Bersamaan, Gina Swara dan Ajang Sopandi Akankah Berpasangan?

KARAWANG – Setelah mendapat restu dari Politisi Senior asal Partai Gerindra Karawang, Ade Swara yang ...