Yang Pertama di Karawang, Gebyar GP3M Digelar di Desa Vokasi Muktijaya

KARAWANG-Dinas Pendidikan Kabupaten Karawang menggelar Gebyar Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Mandiri (GP3M) di PAUD Alam Al Firdaus, Desa Muktijaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Rabu (29/8).

Acara GP3M dihadiri dari perwakilan Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Dr Subi Sudarto, S.Sos, Msi dan Suryono S.pd,. Kegiatan GP3M ini merupakan kegiatan yang pertama kalinya digelar di Karawang tepatnya di Desa Vokasi Muktijaya.

Direktur PKBM Assolahiyah, Heru Saleh mengatakan, dalam kegiatan ini semua peserta yang ikut adalah perempuan yang termarjinalkan yang mempunyai pendidikan dan berlatar belakang ekonomi rendah serta para eks TKI.

“Dalam kegiatan GP3M dan Desa Vokasi ini, kami berharap bisa memunculkan potensi potensi lokal Karawang yang mana bisa menjadi produk khas unggulan Jawa Barat sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat,” ucapnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Karawang, Drs. H.Dadan Surgardan menuturkan, Gebyar GP3M di Desa Vokasi Muktijaya menjadi pioner yang pertama kali digelar di Karawang.

“Kami juga berterimakasih dengan adanya kerjasama antara PKBM Assolahiyah dengan PT Pertamina EP Asset 3 Subang Field karena sudah membantu kepada daerah yang disekitar perusahaan ,” tuturnya.

Dikatakannya, PKBM Assolahiyah merupakan yang terbaik, bisa dijadikan contoh untuk Kabupaten Karawang ataupun Jawa Barat. Banyak dari luar daerah yang melihat dan memotret kegiatan PKBM Assolahiyah.

“Pemerintah daerah Karawang membantu tiap PKBM, nilainya tergantung dari siswa yang ada melalui program paket A,paket B dan paket C. Kami bantu tiap orang senilai Rp 1 Juta, total anggaran sebesar Rp 5 miliar yang masuk dalam program Karawang Cerdas,” jelas Dadan.

Ia menambahkan, dalam program tersebut, tingkat kepercayaan terhadap PKBM mulai meningkat, hal itu dilihat dari daftar ujian paket C yang mengalami peningkatan.

Semetara itu Goverment Relation Ast Manager PT Pertamina EP Subang Field, Rizki Vistiari mengatakan, dalam kegiatan ini pihaknya akan melakukan Mou antara PKBM Assolahiyah dengan PT Pertamina EP Subang Field.

Ia menjelaskan, pada tahun 2017, PKBM Assolahiyah dengan PT Pertamina EP Subang Field telah memilah Sekolah Alam Paud Al Firdaus menjadi mitra dan juga telah direplikasi oleh PAUD Al-Bayan di Desa Pasirukem.

“Ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibilty (CSR) PT Pertamina EP Subang Field, kami juga telah melakukan berbagai macam kegiatan yang ada di Karawang, diantaranya ternak domba, budidaya jamur merang dan lainnya,” tandasnya.(one)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Golkar Karawang Targetkan 10 Kursi Pileg 2024

Karawang – Partai Golkar Karawang menargetkan 10 kursi di DPRD ...

%d bloggers like this: