Cegah Stunting, Dinkes Sosialisasikan Masyarakat Hidup Sehat

KARAWANG-Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang melangsungkan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan peserta kalangan pelajar, mahasiswa, pemuda dan pelaku usaha di Kabupaten Karawang. Sosialisasi dengan tujuan untuk meningkatkan sumberdaya manusia sehat ini dipusatkan di Ballroom Hotel Swissbelin Jalan Interchange Tol Karawang Barat, Selasa (25/9/2018).

Kepala Dinas Kesehatan Karawang, dr. Yuska Yasin, mengatakan bicara kesehatan tugas dari pemerintah. Dalam hal ini Kementrian Kesehatan, Provinsi dan tingkat Kabupaten.

“Namun tidak mudah membalikan telapak tangan. Buktinya rumah sakit sekarang sudah sebanyak 21 rumah sakit. Dulu itu hanya satu. Berbagai sakit yang dialami seperti paru-paru, stroke cukup banyak,”kata Yuska, yang membuka acara tersebut.

Menurut Yuska hal ini artinya semakin kesini sehat perlu diperjuangkan. Melalui kegiatan Germas ini dalam upaya pencegahan dan penanganan stunting di Kabupaten Karawang.

“Tujuan supaya masyarakat sehat. Kami dengan bermacam cara dilakukan supaya masyarakat sehat. Problemnya paling utama sumberdaya manusia,” kata dia lagi.

Yuska mengarakan indeks pembangunan manusia (IPM) dilihat dari pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Oleh karenanya melalui Germas merupakan upaya hidup sehat untuk indeks pembangunan manusia di Karawang.

“Untuk hidup sehat melakukan aktivitas fisik (Olahraga), makan buah dan sayur dan cek kesehatan secara rutin,” ujarnya.

Dengan begitu, melalui sosialisais Germas kepada peserta yang mengikuti Osis SMA se Karawang, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unsika, Kharisma dan Poltekes, Karang Taruna Kecamatan Pemuda Peduli Kesehatan, pelaku usaha di Karawang dapat bermanfaat.

“Kemenkes ada beberapa program untuk kesehatan. Salah satunya upaya pencegahan dan penanganan stunting (kondisi seseorang tidak normal diusianya berdasarkan usia dan umur),”tambah Yuska.

Narasumber sosialisasi Germas ini langsung dari Kementrian Kesehatan dengan moderator dari perguruan tinggi yang aktif dibidang kesehatan wilayah Karawang.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Format Surat Lamaran CPNS

KARAWANG – Terkait banyaknya pertanyaan di media sosial mengenai format Surat Lamaran untuk CPNS Tahun ...