Diduga Cemari Anak Sungai Citarum, Saluran Pembuangan Limbah Milik PT. Sarana Central Bajatama di Police Line

KARAWANG-Diduga jadi biang kerok pencemaran lingkungan hingga menyebabkan air anak sungai Citarum tercemar, unit Tipiter Satreskrim Polres Karawang akhirnya menutup saluran pembuangan PT Sarana Central Bajatama di Desa Tamelang, Kecamatan Purwasari, Kabupaten Karawang, Rabu (10/10).

“Untuk saat ini kita melakukan status quo saluran pembuang atau selokam perusahaan. Hal itu untuk memastikan tidak ada lagi limbah mengalir selama penyelidikan. Kita juga sudah mengambil sampel yang diduga pencemaran bersama Dinas Lingkungan Hidup untuk di uji lab,” kata Kepala Polres Karawang, AKB Slamet Waloya di lokasi kejadian, Rabu (10/10).

Dijelaskannya, kasus ini berawal dari laporan masyarakat yang merasa adanya aksi pencemaran. Masyarakat mencium bau tidak sedap dan adanya cairan seperti minyak yang keluar dari selokan perusahaan. Sampai saat ini pihak kepolisian belum memutuskan kasus tersebut dalam pidana. Sebelum adanya hasil laboratorium dari sampel gelontoran air yang diduga limbah.

“Kita belum menentukan adanya pidana atau administrasi. Sebelum menunggu adanya hasil laboratorium,” katanya.

Lanjut Kapolres, hingga saat ini sudah lima orang saksi dari pihak manajeman diperiksa kasus dugaan pencemaran limbah.

“Tempat yang kita police line adalah tempat yang diduga membuang limbah melalui selokan,” katanya.

Sementara itu pihak manajemen mengakui adanya kebocoran dari penampung limbah. Sehingga limbah mengaliri selokan pembuang. Perusahaan mengakui belum memiliki Instalasi Pengelolaan Limbah (IPAL).

“Pengolahan kita ini tertutup. Jadi tidak mungkin mengalir. Tetapi ada kebocoran. Hal ini juga masih kita dalami oleh pihak manajemen. Tetapi kita pastikan saat ini (di dalam selokan) sudah kering,” HR GA PT SCB, Jhon Veri Pasaribu.(one)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kabar Gembira Buat Pengusaha Kecil, 2019 Ada Kredit Ultra Mikro! Maksimal Bantuan Rp10 Juta

FAKTAJABAR.CO.ID – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyediakan anggaran tahun 2019 sebesar Rp 3 triliun untuk diberikan ...