Waduh! Cemaran Pestisida pada Buah dan Sayuran Bisa Picu Kanker Payudara

FAKTAJABAR.CO.ID – Kamu gemar mengonsumsi sayur dan buah? Harus diingat, mencuci buah dan sayur sangatlah penting guna menghilangkan bakteri dan kuman yang menempel pada buat atau sayur tersebut.

Dokter ahli bedah kanker payudara, dr Rachmawati, SpB(K)Onk, mengatakan tidak hanya bakteri dan kuman saja yang akan hilang bersama air. Tujuan mencuci buah dan sayur juga guna menghilangkan zat kimia yang terkandung dalam pestisida.

“Zat pestisida yang ada pada lapisan luar sayur dan buah atau yang disebut organoklorin merupakan salah satu zat kimia yang dapat memicu risiko kanker payudara,” ujarnya, kepada detikHealth, beberapa waktu lalu.

Pestisida organoklorin sendiri merupakan bahan kimia yang digunakan petani untuk membasmi hama. Tidak hanya meningkat hasil pertanian, ternyata pestisida juga dapat menjadi salah satu pemicu risiko kanker payudara lho!

“Harus hati-hati memilih sayur dan buah jangan sembarangan. Karena kalau asal dan langsung dikonsumsi begitu saja bisa jadi penyakit,” tegas dr Rachma.

dr Rachma menambahkan, buah-buahan yang langsung dimakan seperti apel dan sayur-sayuran lainnya, harus di cuci bersih terlebih dahulu, dan ia menyarankan untuk menggunakan sabun cuci piring dan jangan lupa untuk membilasnya sampai bersih.

Sumber: Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hari Down Syndrome Sedunia, Begini Kata Dokter RSUD Karawang

KARAWANG – Tahukah kalian, tepatnya pada hari ini, Kamis,(21/3/2024) merupakan ...