Masuk Musim Penghujan, Ini Himbauan Kadinkes

KARAWANG – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, Yuska Yasin mengutarakan, pihaknya telah mengeluarkan himbauan kepada 50 Puskesmas di 30 Kecamatan se Kabupaten Karawang.

Himbauan tersebut, terkait antisipasi dampak musim pancaroba, peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. Agar masyarakat terhindar dari gangguan kesehatan akibat pergantian musim.

“Menjadi rutinitas kami di dinkes,untuk antisipasi musim penghujan. Langkah-langkahnya dengan diadakannya penyuluhan,tentang hal-hal yang secara spesifik membahas tentang pancaroba, kami telah membuat surat himbauan untuk mengingatkan puskesmas agar sosialisasi kepada masyarakat terkait musim pancaroba,” katanya saat dikonfirmasi Fakta Jabar, Kamis (25/10).

Selain itu, Yuska mengajak warga masyarakat Karawang untuk melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat. Agar terhindar dari jangkit penyakit yang bisa saja menyerang warga masyarakat.

“Penyakit seperti Demam berdarah, diare, penyakit kulit dan sejenisnya, erat hubungannya dengan musim hujan, terlebih jika kita tidak bisa menjaga pola hidup bersih dan sehat, atas hal tersebut kami mengajak seluruh elemen masyarakat agar menggalakkan kembali pola hidup bersih dan sehat, dan dihimbau untuk puskesmas ditiap kecamatan, agar selalu menjaga Ketertiban keindahan dan keamanan,” tambahnya.

Untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan dimusim hujang nanti, masih kata Yuska. Pihaknya telah membuat program Sistem Penanganan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT).

“Dikita ada program yang namanya KALACAK, KALACAK adalah singkatan dari Kesatuan Layanan Cepat Kegawatdaruratan. KALACAK 119 terintegrasi sepenuhnya dengan NCC (National Command Center) atau Pusat Komando Nasional di Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Angka 119 adalah nomor kontak nasional layanan kegawatdaruratan yang bisa diakses dari perangkat telepon, baik seluler maupun non seluler seluruh provider telekomunikasi tanpa beban pembiayaan pulsa bagi penelpon. Kesatuan layanan dalam KALACAK 119 meliputi: SPGDT (Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu), baik SPGDT-S (Sehari-hari) maupun SPGDT-B (Bencana). PSC (Public Safety Center) atau Pusat Keselamatan Publik SISRUTE (Sistem Informasi Rujukan Terintegrasi) SIRANAP (Sistem Informasi Rawat Inap), yang menampilkan ketersediaan setiap ruangan dan kelas perawatan Rumah Sakit. SIJARI EMAS (Sistem Informasi Jejaring Rujukan Expanding Maternal and New Born Survival) Tracking Ambulance, yang tidak hanya menginformasikan posisi setiap Ambulance, tetapi sekaligus mengarahkan perjalanannya dari titik awal rujukan ke lokasi akhir rujukan dengan tepat berikut rekam jejak perjalanan yang terdokumensi secara digital sehingga memudahkan evaluasi kinerja rujukan dalam setiap periode waktu (harian, mingguan, bulanan, tahunan). KALACAK menjadi pusat komunikasi, koordinasi dan monitoring seluruh layanan kegawatdaruratan di Kabupaten Karawang, baik kegawatdaruratan maternal-neonatal maupun non maternal neonatal, termasuk dukungan rujukan lebih lanjut dalam penanganannya. Komunikasi, koordinasi dan monitoring layanan kegawatdaruratan tersebut di atas terpusat di Call Center KALACAK 119, Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang. Launching KALACAK 119 satu yahun lalu tepatnya, pada hari Minggu 12 Nopember 2017 di Ballroom Hotel Resinda, Karawang, bersamaan dengan puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 Kabupaten Karawang. Dengan KALACAK 119, pelayanan kegawatdaruratan di Kabupaten Karawang dapat dipantau setiap saat, 24 jam non stop sepanjang waktu. Diharapkan, dengan koordinasi, komunikasi dan monitoring setiap saat melalui KALACAK 119, angka kecatatan dan/atau angka kematian akibat kejadian gawat darurat di Kabupaten Karawang dapat ditekan seminimal mungkin, KALACAK 119 dengan demikian diharapkan dapat menjadi solusi terbaik dan tercepat dalam respon kemanusiaan penanggulangan kasus-kasus gawat darurat yang diikhtiarkan secara sungguh-sungguh oleh Pemerintah Kabupaten Karawang. KALACAK 119 tidak berlebihan jika disebut sebagai SPGDT Plus Kabupaten Karawang,” Paparnya. (dds)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jika Terjadi Kebakaran Jangan Panik, Segera Hubungi Pemadam Kebakaran. Ini Nomor Kontaknya

KARAWANG – Kepala UPTD dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Karawang,Rohmat menyampaikan ...