Diduga Ada Suara ‘Tak Bertuan’ Hingga 485 Suara, Pilkades Sampalan Berbuntut Panjang

KARAWANG – Hasil penghitungan suara Pilkades di Desa Sampalan, Kecamatan Kutawaluya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, oleh pihak panitia 11, diprotes calon nomor urut 1, Umiasih, akibat muncul keterangan 485 surat suara yang diduga hilang dan ‘tak bertuan’.

Adalah Ahmad Sayuti, suami dari calon nomer urut 1, yang mengungkapkan hal ini kepada Fakta Jabar, sekaligus diamini Plt Camat Kutawaluya Suwandi AP.

“Saya dan pendukung hanya ingin menanyakan kepada ketua panitia 11. Dikemanakan kartu surat suara yang jumlahnya 485 suara. Misalkan, pemilih tenaga kerja wanita (TKW) ada berapa, yang tidak datang ke tempat pimilihan suara TPS tidak mencoblos berapa? Buktinya, yang tadinya surat suara ada 485 suara sekarang ada 483 suara. Makanya, kami minta ketua panitia 11 menghitung kembali di DPMD Kabupaten Karawang. Agar tidak ada kerancuan,” tegasnya.

“Berhubung kerja Panitia 11 Pilkades Desa Sampalan dianggap kurang transparan. Maka calon nomer urut satu meminta kepada kami untuk mempasilitasi ke DPMD Kabupaten Karawang. Maka dari kami akan melaporkan dalam hal ini ke DPMD setelah ada jawaban nanti ketua panitia 11 dan kasi pemerintahan Kecamatan Kutawaluya kesana.” tambah Plt Camat Kutawaluya.

Sementara, Dadang, Ketua Panitia 11 Pilkades di Desa Sampalan, membenarkan, adanya protes dari calon nomor urut 1 terkait hasil penghitungan suara pilkades 11 nopember 2018 lalu.

Baca Juga: Masalah Pilkades Sampalan, Sekban DPMD: Diserahkan ke Muspika

“Iya memang dari pihak calon nomer urut 1, Umiasih, meminta kami dari untuk panitia transparan. Pada intinya mereka mempertanyakan surat suara yang 485 suara. Maka dari itu, hari ini dirapatkan di aula Kecamatan Kutawaluya yang disaksikan oleh Camat, Danramil, Kapolsek serta warga pendukung. Prinsipnya duduk bersama untuk mencari solusi baiknya bagaimana malahan surat suara diamankan di Polsek. Berhubung ini sudah masuk keranah kabupaten ya hasil keputusan nunggu dari DPMD Karawang. Dan perlu diketahui juga hasil penghitungan nomer urut 1 Umiasih 2063 suara, dan nomer urut 2 Jamaludin 2260 suara,” bebernya. (ded)

Video:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jelang Pilkada, KPU Kabupaten Karawang Gandeng Kejari

KARAWANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang melakukan sejumlah upaya agar pelaksanaan Pemilihan Kepala ...