Hati – Hati Penipuan Rekrutmen Karyawan AHM

JAKARTA – Penipuan berkedok rekrutmen calon karyawan baru sebuah perusahaan kembali terjadi. Kali ini menimpa pencari kerja yang dijanjikan dapat bekerja di PT Astra Honda Motor (AHM) dengan syarat membayar uang dalam jumlah tertentu.

Sejumlah pemuda datang ke Pabrik AHM di Dawuan, Karawang pada 12 November 2018, mengaku telah menandatangani kontrak kerja dan membayar sejumlah uang berkisar Rp 5 juta – Rp 12 juta kepada oknum yang mengaku sebagai karyawan AHM. Faktanya, setelah ditelusuri oknum tersebut bukanlah karyawan AHM meskipun dia menggunakan seragam dan ID Card yang mirip karyawan AHM saat mendekati korban.

GM Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin menegaskan perusahaan tidak memungut biaya apapun dalam setiap proses pelaksanaan rekrutmen calon karyawannya, bahkan sampai seseorang dinyatakan lulus sebagai karyawan. Untuk proses rekrutmen, AHM juga sudah mulai mengimplementasikan sistem online yang bisa diakses di website resmi perusahaan, yaitu https://www.astra-honda.com/karir.

“Kami turut prihatin terhadap penipuan yang menimpa korban. Kami akan melaporkan ke pihak yang berwajib kasus penipuan rekrutmen berkedok karyawan AHM ini. Modus ini tidak hanya merugikan para pencari kerja tapi juga mencemarkan nama baik perusahaan. Check and rechek perlu dilakukan di website resmi perusahaan,” ujar Muhib.

Atas kejadian ini, manajemen AHM menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada atas segala penipuan yang memanfaatkan momentum rekrutmen karyawan AHM. Masyarakat agar lebih berhati-hari dan tidak mudah tertarik dengan kemudahan yang ditawarkan untuk menjadi karyawan dari oknum yang mengatasnamakan rekrutmen AHM.

“Semoga hal ini tidak terjadi lagi ke depan dan tidak ada lagi masyarakat yang dirugikan,” tutup Muhib. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

ESQ Kemanusiaan Gandeng Indonesia CARE, Distribusikan Wakaf Qur’an Isyarat Untuk Sahabat Tuli

Faktajabar.co.id – Inovasi dalam pendidikan Al Qur’an terus dikembangkan. Termasuk ...