Bupati Perkuat Lini Lapangan dengan Menaikan Tunjangan PKB

KARAWANG– Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Karawang menyelenggarakan Jumpa Bakti Gembira(Jumbara) di Resto Indo Alam Sari ,Selasa(11/12/2018).

Dengan dihadiri ratusan anggota kader binaan Dinas PPKB tersebut berlangsung meriah. Terlebih dihadiri Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana.

Dalam sambutannya Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana, menyampaikan akan memperkuat lini lapangan, seiring dengan adanya kenaikan tunjangan jabatan bagi para Penyuluh Keluarga Berencana(PKB) .

Penguatan tersebut, kata Bupati Cellica Nurrachadiana, antara lain untuk peningkatan dukungan operasional penggerakan lini lapangan, pemenuhan sarana operasional melalui DAK, advokasi kepada Pemerintah dan Kabupaten/Kota .

“Dengan adanya kenaikan tunjangan sebesar 3,6 miliar yang akan dianggarkan tahun 2019 nanti untuk jabatan fungsional PKB, dapat meningkatkan semangat dan kesejahteraan para penyuluh KB, sehingga akan meningkatkan capaian kinerja program KB ,” kata Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dalam sambutan pembukaan Jumpa Bakti Gembira(Jumbara) lini lapangan KB di Resto Indo Alam Sari ,Selasa(11/12/2018).

Plt Kepala DPPKB Karawang Ahmad Hidayat, melalui Kepala Bidang Pembedayaan Pembangunan Ketahan Keluarga, Dodo Jalal Abduh mengatakan, tahun ini para penyuluh KB menerima tunjangan 250 ribu perbulan dari sebelumnya 175 ribu.

“Tahun ini sudah ada kenaikan tunjangan bagi para penyuluh KB, perorangnya diberi tunjangan per 2 bulan dengan jumlah 500 ribu dari sebelumnya 350 ribu. Namun jika tunjangan dinaikan lagi dengan jumlah yang lebih besar dari sebelumnya, ya Alhamdulillah,” ucapnya.

Dodo menjelaskan jumlah keseluruhan dari Pos KB dan Sub Pos KB se-Kabupaten Karawang berjumlah 618 orang . Namun jumlah para penyuluh ini belum mencukupi target. Sehingga BKKBN membutuhkan tenaga penyuluh tambahan agar mereka bisa menjangkau pasangan usia subur dan suami istri lainnya yang ingin ber-KB.

“Para penyuluh KB ini adalah ujung tombak dilapangan. Bila jumlah mereka mencukupi, maka program kependudukan dan KB akan berhasil. Untuk itu kami berharap perhatian Pemerintah Kabupaten Karawang dalam hal ini,” ujarnya .

Adapun melalui kegiatan Jumbara ini ,selain dalam rangka ajang silaturahmi. Jumbara ini juga bisa meningkatkan motivasi kerja PKB.

“Sehingga mempercepat pencapaian target kinerja program kependudukan, KB , dan pembangunan keluarga,” katanya.

Usai itu Bupati Karawang langsung langsung menyapa kader-kader binaan Dinas PPKB supaya mereka tetap bersemangat dalam membantu pemerintahan. Pasalnya kesejahteraan untuk kader ini dapat ditingkatkan.

Selain itu Bupati Karawang memberikan penghargaan kepada desa teladan dan terbanyak dalam menjalani program KB di Kecamatan Batujaya. Begitu juga dengan Camat Batujaya mendapatkan penghargaan karena menjalankan program KB.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Nekad Terobos Lampu Merah, Sebuah Mobil Minibus Terguling

KARAWANG – Terobos lampu merah, sebuah mobil avanza putih terguling usai menabrak sebuah mobil xenia di ...