Benarkah Rutin Minum Susu Bisa Cegah Penuaan Dini?

FAKTAJABAR.CO.ID – Mendengar kata penuaan dini, pasti yang terlintas di pikiran adalah kulit yang menua dan keriput. Namun faktanya, penuaan dini tak hanya terjadi pada bagian wajah.

Jika masih dalam usia produktif, tapi sudah mengalami tubuh cepat pegal, lelah, dan tulang terasa kaku, kemungkinan besar penuaan dini telah terjadi. Inilah yang dikatakan penuaan dini pada sendi dan tulang.

Medical Advisor Kalbe Nutritionals, dr. Ervina Hasti W, mengungkapkan saat memasuki usia 30 sebenarnya proses penuaan sudah dimulai. Misalnya terjadi penurunan massa otot dan meningkatnya lemak dalam tubuh secara progresif, yaitu sekitar 3-5% per dekade. Hal inilah yang membuat tubuh menjadi mudah lelah.

“Selain itu, pertambahan usia juga mempengaruhi perubahan hormonal yaitu berupa penurunan beberapa hormon yang akan membuat tubuh semakin mudah lelah. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat maupun faktor stres,” ujarnya kepada detikHealth, Senin (10/12/2018).

Untuk mengatasi penuaan dini pada sendi dan tulang, asupan pendukung seperti susu dipercaya bisa mengatasi masalah ini. Namun benarkah rutin minum susu bisa mencegah penuaan dini?

dr. Evina mengungkapkan pilih susu yang kaya nutrisi untuk mencegah penuaan dini seperti membantu menjaga massa otot.

“Pilih susu bukan hanya yang tinggi kalsium dan vitamin D, tapi juga yang dapat membantu memenuhi kebutuhan protein untuk membantu menjaga massa otot maupun antioksidan untuk membantu menangkal radikal bebas,”

dr. Ervina juga menjelaskan bahwa sumber radikal bebas sering ditemui dalam keseharian seperti paparan sinar matahari, zat kimia, dan polusi udara.

“Sumber radikal bebas dalam keseharian kita dan dalam jangka panjang bisa menyebabkan stres dalam tubuh atau stres oksidatif. Stres tersebut memicu berbagai penyakit, seperti penuaan dini dan penurunan daya tahan tubuh,” jelasnya.

Ia menjelaskan sebuah penelitian menunjukkan antioksidan terbukti mampu membantu menstabilkan beberapa molekul radikal bebas. Sehingga antioksidan bermanfaat mencegah penuaan diri maupun mengatasi penurunan kondisi tubuh akibat penuaan.

Antioksidan alami untuk menangkal radikal bebas bisa didapatkan dari ekstrak buah zaitun atau hytolive. Kandungan ini terdapat pada Entrasol yang juga dilengkapi omega 3 dan 6 untuk membantu menjaga kesehatan jantung serta sendi. Bahkan juga mengandung power bone untuk membantu kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Sumber: Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Minum Air Hangat Setiap Hari Bikin Tubuh Sehat

FAKTAJABAR.CO.ID – Kelangsungan hidup alam semesta hampir 70% bergantung pada air begitu pula dengan mahluk ...