Desa Kutagandok Buka Inovasi Tempat Pembuangan Sampah

KARAWANG – Pemdes Kugandok Kecamatan Kutawaluya Kabupaten Karawang lakukan inovasi.

H Adang, Kepala Desa Kutagandok Kecamatan Kutawaluya mengatakan itu kepada Fakta Jabar. “Dari hasil pengamatan pribadi saya hampir disetiap pelosok pedesaan pasti ada tumpukan sampah. Dari mulai hulu hingga hilir banyak sampah berserakan termasuk Desa Kutagandok, “katanya kepada Fakta Jabar Kamis (27/12/2018).

Oleh karena itu, kata Adang, dari hasil musyawarah dengan Sekdes BPD LPM RW RTserta Tokoh Masyarakat desa Kutagandok, kini Pemdes Kutagandok bertekad untuk membangun tempat pembuangan sampah di Dusun Krajan 11 RT 07 RW 04 dengan pajang 8 meter lebar 4 meter dan tinggi 3 meter.

“Selain itu juga disamping sudah ada tempat pemakaman umum (TPU). Saya juga sedang membuat tempat mandi (MCK). untuk kepentingan warga sekitar yang membutuhkan. Jadi sudah lengkap disekitar tanah pemakaman ada MCK dan TPA,” ujarnya.

Terpisah, Sekretaris Desa (Sekdes) Kutagandok menambahkan, tujuan kepala desa membuat tempat pembuangan sampah ahir bagi warga masyarakat untuk membantu mengurangi beban pemerintah mengenai soal sampah.

“Dan perlu diketahui, kepala desa yang lain pun mungkin sama ingin punya tempat pembuangan sampah. Namun kebanyakan yang menjadi persoalan niat serta tidak punya tanah luas. Pada intinya, semoga dengan adanya pemdes desa Kutagandok membuat tempat pembuang sampah akhir. Disamping membantu persoalan sampah yang dihadapi pemerintah. Dapat ditiru oleh pemerintahan desa lain. Harapan kami segenap pemdes Kutagandok dari Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan (DLHK) memberikan armada cator sampah,” pungkasnya. (ded)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Prosesi Pengambilan Sumpah Para Pimpinan DPRD

KARAWANG – Rapat Paripurna dilaksanakan DPRD Kabupaten Karawang dalam rangka menetapkan dan pengambilan sumpah Pimpinan Definitif ...