Beasiswa Dijadikan Foya-foya, Bupati : “Jika Ada Saya Pastikan akan Cabut”

FAKTAJABAR.CO.ID – Sedikitnya 3.737 siswa SMA/SMK dan mahasiswa kelahiran Karawang mendapatkan beasiswa di akhir Tahun 2018. Dalam program yang dinamai Karawang Cerdas pada Jumat 28 Desember 2018.

Dipenghujung tahun ini, Pemkab bekerjasama dengan Bank Jabar Banten (BJB).  Pemkab berharap program tersebut bisa meningkatkan IPM warga Karawang. “Saya minta uang beasiswa di Tahun 2018 ini bukan digunakan untuk foya-foya. Jika ada saya pastikan akan dicabut,”ungkap Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana di acara launching program Karawang Cerdas, Gedung Singaperbangsa.

Dijelaskan, beasiswa ini terbagi ke dalam dua kategori yakni beasiswa kategori prestasi dan kategori jalur ekonomi tidak mampu. Dasar program tersebut Perbup Nomor 66 Tahun 2018 tentang program Karawang Cerdas. “Saya sering mendapatkan curhat dari warga. Mereka yang tidak mampu membiayai pendidikan. Makanya saya minta Disdik untuk menyusun program beasiswa ini,” katanya.

Beasiswa ini diberikan kepada 150 mahasiswa perguruan tinggi negeri (PTN) dan swasta di Karawang. Lalu, untuk 47 mahasiswa PTN di luar Karawang.  “Adalagi untuk 1 orang kelahiran Karawang yang berkuliah di luar negeri. Untuk mahasiswa ini mendapatkan beasiswa Rp12 juta rupiah pertahun,” katanya.

Kemudian, beasiswa juga diberikan kepada 1.219 pelajar SMK dan 2.290 pelajar SMA di Karawang.  “Untuk pelajar ini kita berikan sebesar Rp1,4 juta per orang. Karena kita tahu, SMK dan SMA ini kewenangan Provinsi. Saya tidak ingin pemerintah daerah hanya diam saja untuk warganya. Untuk itu beasiswa ini kita berikan kepada SMK dan SMA,” kata dia.

Sementara itu Kepala Cabang Bank BJB, Arfandy mengatakan Pemkab Karawang memberikan program Karawang Cerdas kepada ribuan orang itu melalui rekening Bank BJB. “Dimana kita juga memberukan pengelolaan keuangan kepada penerima beasiswa. Melalui ATM khusus yang mereka berikan,” kata Arfandy.

Selain itu Bank BJB juga kerap memberikan CSR untuk biaya sarana dan prasana bagi sekolah-sekolah di Karawang.
“Bank BJB fokus mendukung kegiatan positif dalam dunia pendidikan,” pungkasnya.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Mitra Binaan Pertamina Semarakkan Nusacraft Lifestyle Exhibition

TANGERANG – Nusacraft Lifestyle Exhibition merupakan ajang bagi para perajin usaha mikro terpilih untuk memasarkan ...