Karawang Cerdas Alokasikan 35 persen Untuk Peningkatan Mutu PTK PKBM Karawang

KARAWANG-Guna mewujudkan pendidik dan tenaga kependidikan non formal yang kompeten, FK-PKBM mengalokasikan sebanyak 35 persen dari anggaran program Karawang Cerdas untuk peningkatan mutu pendidikdan tenaga kependidikan (PTK).

Ketua FK-PKBM kabupaten Karawang, Heru Saleh mengatakan Pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualitas merupakan tulang punggung proses pendidikan. Artinya, tanpa pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) yang berkualitas proses pendidikan yang bergerak ke arah tujuan yang sudah ditetapkan tidak akan berlangsung dengan baik atau mangkus (efektif).

“PKBM hanya sebagai pelaksana kegiatan program Karawang Cerdas dimana guna memaksimalkan kegiatan yang sudah disusun dala RAB seperti diklat atau pelatihan PTK disetiap wilayah dengan mendatangkan nara sumber sesuai bidang,” jelasnya pada Fakta jabar (Kamis (3/1).

Lanjut Heru, alokasi dana tersebut guna peningkatan PKT adalah sebagai upaya peningkatan mutu tenaga kependidikan karena menurutnya hitam-putihnya proses belajar mengajar di dalam kelas banyak dipengaruhi oleh mutu gurunya. Guru dikenal sebagai ‘hidden currickulum’ atau kurikulum tersembunyi, karena sikap dan tingkah laku, penampilan profesional, kemampuan individual, dan apa saja yang melekat pada pribadi sang guru, akan diterima oleh peserta didiknya sebagai rambu-rambu untuk diteladani atau dijadikan bahan pembelajaran. Bagi sebagian besar orangtua siswa, sosok pendidik atau guru masih dipandang sebagai wakil orangtua ketika anak-anaknya tidak berada di dalam keluarga.

“Karena sebagai instrument penting dalam proses belajar mengajar, maka dari itu perlu adanya alokasi khusus untuk peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan di PKBM Kabupaten Karawang,” terangnya.

Heru juga menyatakan, pendidik dan tenaga kependidikan sangat dominan meski perkembangan teknologi informasi sangat cepat. Untuk itu, faktor pendidikan harus bisa ditingkatkan lagi, diantaranya melalui peningkatan mutu PTK. Dari hasil ini, dia berharap PKBM disemua wilayah di kabupaten Karawang bisa menyampaikan informasi ini ke masyarakat di wilayahnya masing-masing.(one)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sidak Wakil Bupati Tidak Ditanggapi PT. Chunetsu?

KARAWANG– Wakil Bupati Karawang, H. Ahmad Zamakhsyari bersama Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten ...