Pekerja Sosial Masyarakat di Karawang Ngadu Ke Dewan Soal Pelayanan Kesehatan

KARAWANG – Sejumlah pekerja sosial masyarakat (PSM) di Kabupaten Karawang mendatangi kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat untuk melakukan pengaduan atas pelayanan kesehatan, Kamis (3/1/2019). Namun disayangkan kedatangan belasan PSM itu ke gedung wakil rakyat tidak ada satu pun dewan yang menerima. Hingga kedatangan PSM itu membuahkan rasa kecewa.

Menurut Suminta, kedatangan PSM ke DPRD untuk menyampaikan aspirasi yang perlu disikapi serius oleh wakil rakyat. Pasalnya jaminan kesehatan untuk masyarakat miskin harus diperjuangkan bukan dipersulit.

“Setalah kami datang ke DPRD tidak ada satu pun dewan yang menerima. Bahkan komisi IV yang membidangi kesehatan juga tidak ada sama sekali,” ungkap perwakilan PSM.

Lajutnya, tiga poin yang akan ia sampaikan kepada DPRD. Diantaranya kebijakan Karawang sehat melalui rekomendasi Dinas Sosial diberlakukan bagi warga miskin yang belum punya kesehatan baik KIS maupun BPJS Mandiri.

Kemudian, kata dia, data KIS-PBI maupun Jamkesda melalui data hasil verifikasi dan validasi tidak transparan di tiap desa/kelurahan.

“Dan kebijakan dari BPJS tentang peserta yang mendaftar di kelas III agar tidak perlu memakai rekening bank,” jelas Suminta. Ia berharap Pemerintah Karawang membukan akses untuk PMKS. Juga pihaknya akan melakukan aksi berkelanjutan bila tunutan mereka tidak direalisasikan.

“Yang belum terdaftar di KIS PBI dan Jamkesda atau Karawang Sehat,” pungkasnya.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Meski Punya 1 Kursi di DPRD, Lina Sugiharti “PeDe” Mau Nyalon Bupati

KARAWANG – Geliat Pilkada Karawang semakin menjadi. Bahkan Ketua DPC PPP Kabupaten Karawang mau ikut ...