Teknologi Masa Depan yang Mainstream di Tahun 2020

FAKTAJABAR.CO.ID – Berikut adalah sejumlah teknologi masa depan yang sudah mulai digunakan dan akan menjadi umum dalam waktu dekat. Inovasi teknologi ini dipercaya bakal menjadi mainstream di tahun 2020. Yuk kita cek sama-sama apa saja teknologi ini.

1. Internet of Things (IoT)

Internet of Things telah lama dibicarakan sebagai inovasi besar berikutnya dalam kehidupan sehari-hari dengan adopsi sistem yang terus berkembang seperti Google Home dan Amazon’s Alexa. Perangkat ini akan terus mengintegrasikan lebih banyak aspek rumah ke dalam satu sistem yang harmonis dengan memanfaatkan internet, memungkinkan pengguna untuk mengontrol apa pun mulai dari AC hingga sistem sekuriti melalui perintah suara.

Apple telah mengumumkan rencananya untuk meluncurkan HomePod tahun ini dan Samsung dilaporkan bekerja pada teknologi Bixby untuk bersaing dengan kesuksesan sistem Google dan Amazon. Bisa diharapkan bahwa salah satu perangkat ini akan menyederhanakan kehidupan di rumah dan sekitarnya pada tahun 2020

2. Automation

Inovasi skala besar dalam otomasi akan memiliki implikasi yang jauh menjangkau konsumen pada tahun 2020. Gerai Amazon, yang menghilangkan kebutuhan akan kasir, telah terbukti berhasil sebagai alternatif yang efisien untuk pembeli di lokasi pertamanya. Ketika teknologi terus berkembang, konsumen dapat mengharapkan bahwa penggunaan sensor tekanan dan kamera yang mengotomatisasi pembayaran serta mengurangi antrian akan merambah di toko-toko sekitar anda.

3. Cryptocurrency

Setelah lompatan harga meteorik Bitcoin di tahun 2017, para pemain teknologi utama telah mulai mengambil cryptocurrency dengan serius. Bersamaan dengan ICO (Initial Coin Offering) yang telah mencapai outlet berita utama seperti Ethereum, perusahaan yang lebih kecil sedang mengembangkan Stablecoin yang menyediakan upaya untuk menyediakan semua pro transaksi cryptocurrency tanpa fluktuasi harga yang telah mengganggu sistem. Jika keseimbangan dapat tercipta, crypto currency akan menjadi metode pembayaran umum pada tahun 2020.

4. Blockchain

Blockchain atau decentralized ledger yang awalnya dibuat until menunjang cryptocurrency, memiliki fungsi aplikasi yang lebih luas daripada sekedar transaksi keuangan. Teknologi block-chain dapat diterapkan ke setiap transaksi multi-langkah di mana traceability dan visibility diperlukan. Rantai suplai adalah kasus penggunaan yang penting di mana Blockchain juga dapat dimanfaatkan untuk platform voting, manajemen sertifikat dan asset. Penggunaan blockchain akan terus berkembang di masa datang.

5. Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence yang dulu mungkin seperti sesuatu dari novel Sci-Fi, saat ini sedang terus berkembang. Dengan munculnya Internet of Things, Teknologi Informasi dan Perusahaan Cybersecurity telah mulai mengadopsi artificial neural network untuk memantau dan mencegah serangan DDoS.
Selain untuk aplikasi security, perusahaan seperti Amazon dan Google telah mulai menerapkan teknologi ini kepada konsumen umum untuk menyederhanakan berbelanja dan pencarian di platform. Dengan semua kemajuan teknologi AI saat ini, masuk akal bahwa pada tahun 2020 inovasi akan semakin berkembang baik dalam kegiatan bisnis dan konsumen. (dbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Apresiasi Saresehan Seni dan Budaya Karawang

KARAWANG – Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana menghadiri kegiatan sarasehan budaya dan prosesi pelantikan ...