Di Karawang Pelican Crossing Masih Uji Coba

KARAWANG – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Karawang, Arief Bijaksana, menjelaskan Dinas Perhubungan tengah melakukan uji coba pelican crossing. Uji coba ini dipusatkan di Jalan Raya By Pass Jendral Ahmad Yani. Tepatnya di Lapangan Karangpawitan, Jatirasa Tengah, Kecamatan Karawang Barat. Jumat 18 Januari 2019.

“Pelican crossing adalah penyeberangan bagi pejalan kaki yang menampilkan sepasang tiang masing-masing dengan satu set standar lampu lalu lintas,” kata Arif.

Dijelaskan, pelican crossing baru dipasang di satu titik saja. Ketika masyarakat sudah paham dan sadar. Kita akan pasang di beberapa ruas jalan.

“Pelican crossing merupakan zebra cross. Pejalan kaki yang akan menyeberang jalan bisa menekan tombol untuk mengubah lampu lalu lintas menyala merah dibarengi bunyi sirine,” kata Arif lagi.

Masih dijelaskan Arif, setelah lampu merah menyala, pengendara motor atau mobil harus menghentikan kendaraannya untuk memberi kesempatan pejalan kaki menyeberang jalan tersebut.

“Tadi baru kita uji coba dan langsung sekaligus sosialisasikan. Pelican crossing dipasang berdasarkan tingkat kepadatan perlintasan orang dan kendaraan yang mobilitasnya cukup tinggi,”tambah Kadishub.

Arif memastikan hal ini tidak akan menimbulkan kemacetan. Pasalnya sudah diatur sedemikian rupa supaya tidak terjadi kemacetan.

“Saya harap masyarakat paham dan saling menghargai untuk hak para pejalan kaki,” tandasnya.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Deretan Kios di Asy-Syuhada Diduga Tak Berizin, H Deden Darmansyah : Harusnya Disegel Pol PP

KARAWANG – Pembangunan kios yang ada di halaman Masjid Besar ...