PKPU-HUMAN INTIATIVE Lakukan Penyuluhan Gizi & Pemberian Makan Bergizi

KARAWANG – Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU Human Initiative menggelar edukasi gizi dan Penyaluran makanan bergizi di sembilan titik di wilayah karawang. Bertepatan di hari gizi 25 januari 2019, PKPU Human Initiative berencana akan melaksanakan program peduli gizi anak bangsa di sembilan titik di wilayah karawang ini di mulai dari Dusun Kalihurip, Desa Sirnabaya, Telukjambe Timur, bertempat di MI Al-Hidayah. Demikian ungkap kordinator program KCP PKPU-HI Karawang, Ibrahim Makhdum di sela-sela persiapan program peduli gizi, Jumat (25/1).

Ibrahim menjelaskan, edukasi gizi tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional yang jatuh pada 25 Januari, Kegiatan edukasi yang dilakukan terdiri dari kampanye gizi di masyarakat, Fun Game Gizi, penyuluhan gizi dan kunjungan ke rumah warga. “Kunjungan dikhususkan ke rumah keluarga balita untuk konseling keluarga,” ujarnya kepada Fakta Jabar, Jumat (25/1).

Lebih lanjut, Kepala Kantor PKPU Karawang, Lukmanul Hakim mengatakan, kegiatan tersebut digelar sebagai bentuk kepedulian PKPU Human Initiative terhadap generasi milinial penerus Indonesia. “Diketahui bahwa para calon kelompok usia produktif pada masa tersebut salah-satunya merupakan balita pada masa kini,” jelasnya.

Lukman menambahkan, namun yang disayangkan kondisi balita pada saat ini berada dalam kemelut kekurangan gizi dengan prevalensi mencapai 19,6 persen (2013). Angka tersebut lebih buruk dari tahun 2007 dengan prevalensi 18,4 persen. Faktor kemiskinan akhirnya berimbas kepada sulitnya mendapatkan makanan layak, pola asuh yang buruk serta pendidikan yang rendah.

Oleh karena itu, sambung Lukman, perlu adanya kontribusi dari seluruh pihak dari berbagai lapisan masyarakat untuk peduli terhadap permasalahan tersebut secara holistic. Pasalnya, pada tahun 2025-2035 diperkirakan oleh banyak nara sumber merupakan tahun emas bagi Indonesia. Sebab pada tahun tersebut akan terjadi fenomena bonus demografi, yaitu fenomena dengan jumlah kelompok usia produktif lebih banyak dari kelompok usia non produktif.

Masih Lukman menambahkan, beberapa persyaratan yang harus terpenuhi jelang bonus demografi adalah penduduk harus Sehat berkualitas, terserap dalam pasar kerja, meningkatnya tabungan di tingkat rumah tangga serta meningkatnya perempuan yang masuk dalam pasar kerja. PKPU Human Initiative menawarkan solusi peduli bagi permasalahan kesehatan generasi milenial tersebut.

“Walaupun lingkupnya hanya Karawang Raya semoga menambah efek di keseluruhan generasi milenial indonesia, dari delapan titik yang akan dilakukan penyaluran di karawang meliputi wilayah Pakisjaya, Batujaya, Cilebar, Cikampek, Rengasdengklok, Jatisari, Cilamaya dan Tegalwaru,” tandasnya.

Sementara, kesan penerima manfaat di kesempatan acara tersebut, Kepala Sekolah MI Al-Hidayah, Khoirudin mengungkapkan, banyak iringan doa dan rasa haru kepada para relawan dan donator. “Semoga senantiasa sehat berkah dan Alloh tambahkan nikmat selamat di dunia dan di akhirat pada penyaluran program peduli gizi anak bangsa di kalihurip ini,” pungkasnya. (rls/lil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Apakah Mungkin Penyakit Kelamin Menular Lewat Dudukan Toilet Umum?

FAKTAJABAR.CO.ID – Meskipun terlihat bersih, dudukan toilet umum tetap saja menimbulkan kekhawatiran. Pasalnya, toilet diketahui ...