Disducapil Kantongi 193 Ribu Antrean Cetak KTP Elektronik

KARAWANG – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karawang, Yudi Yudiawan mengakui jika keluhannya mengenai kurangnya blangko KTP-El di Karawang didengar oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Bahkan Kemendagri berjanji akan menggelontorkan blangko KTP-El.

“Sebelumnya kami sampaikan keluhan bahwa daftar antrean pencentakan e-KTP untuk Karawang mencapai 193 ribu. Hal itu terjadi akibat suplai blanko KTP-El dari Kemendagri jauh lebih rendah dari kebutuhan,” kata Yudi, Rabu 30 Januari 2019.

Keluhan Yudi itu tidak sia-sia. Kini Kemendagri dengan menunjuk Kabupaten Karawang sebagai daerah yang prioritaskan dalam pencetakan KTP-El bersama Kabupaten Bogor dan Indramayu.

“Puluhan ribu keping blangko KTP akan digelontorkan ke daerah. Kemedagri berjanji akan menuntaskan pencetakan KTP warga di tiga daerah tersebut,” katanya.

Dijelaskan, sebagai langkah awal, Selasa 29 Januari 2019, Kemendagri telah mendistribusikan blanko KTP ke Disdukcapil Karawang sebanyak 24 ribu keping.

“Sesuai komitmen dan arahan Pak Dirjen Dukcapil, daerah bisa langsung meminta jika blanko KTP di daerah itu habis. Bahkan, jika daerah kewalahan dalam mencetak datanya, pihak Kemendagri akan membantu proses pencetakannya dengan target 25 ribu hingga 50 ribu keping per dua pekan,” kata Yudi.

Menurut Yudi, setelah pihaknya menerima blanko e-KTP cukup banyak, Pemerintah Daerah akan memprioritaskan terlebih dahulu mereka yang masuk dalam daftar antrian selama satu tahun dan warga yang baru memasuki umur 17 tahun.

“Kami memiliki 12 unit alat print. Petugas cetak akan kami gunakan petugas dari masing-masing kecamatan untuk mencetak di kantor Disdukcapil secara bergantian,” kata dia.

Dengan cara itu, Yudi meyakini 193 ribu warga yang sudah melakukan pendataan bakal segera dicetak e-KTP mereka paling lambat Maret 2019.

“Kami akan bekerja maksimal untuk melayani masyarakat,” pungkasnya.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

ESQ Kemanusiaan Gandeng Indonesia CARE, Distribusikan Wakaf Qur’an Isyarat Untuk Sahabat Tuli

Faktajabar.co.id – Inovasi dalam pendidikan Al Qur’an terus dikembangkan. Termasuk ...