Update Penerimaan PPPK atau P3K dan CPNS 2019

FAKTAJABAR.CO.ID – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) akan menggelar seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019.

Dua penerimaan Aparat Sipil Negara (ASN) ini menuai beberapa kendala sehingga behembus kabar akan ditunda. Misalnya soal seleksi PPPK, sejumlah Pemerintah Daerah mengeluhkan keterbatasan dana untuk pembiayaan penggajian pegawai yang direkrut melalui PPPK. Untuk itu, ada kabar seleksi PPPK yang akan dimulai Februari 2019 ditunda.

Sementara CPNS 2019 yang rencananya akan digelar Maret 2019 dinilai terlalu mepet dengan pelaksanaan dengan Pemilu yang digelar sebulan setelahnya. Lantas bagaimana penjelasan pihak terkait soal PPPK dan CPNS 2019.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengungkapkan untuk perekrutan PPPK belum ada wacana ditunda. Semuanya sesuai dengan rencana awal. “Sementara belum ada putusan ditunda. Prinsipnya, pemerintah ingin rekrutmen PPPK tahap pertama ini bisa jalan, Insyaallah Februari-Maret jalan,” jelasnya.

Sementara itu terkait keluhan pemerintah daerah soal anggaran, Bima Haria Wibisana mengungkapkan hal ini sedang dibahas bersama dalam rapat terbatas kabinet kerja. Sementara itu CPNS 2019 sepertinya akan digelar Juni 2019 bukan Maret 2019 seperti ramai diberitakan.

MenterI PAN-RB, Syafruddin mengatakan, pengumuman resmi seleksi CPNS 2019 bakal dikeluarkan pada kuartal III 2019. Sementara tes CPNS bakal diadakan pada Juni. “Rekrutmen CPNS 2019 akan digelar bulan enam,” jelasnya.

Adapun secara fokus, dikabarkan perekrutan abdi negara pada 2019 pun akan berprioritas pada tenaga di sektor pendidikan dan kesehatan. Pelaksanaan seleksi CPNS 2019 akan digelar di tiga daerah yakni Sulawesi Tengah, Papua dan Pupua Barat. Pelaksanaan CPNS 2019 digelah karena ketiga daerah ini &nbnbsp;menunda perekrutan CPNS pada tahun sebelumnya.

Formasi PPPK

PPPK akan digelar dua tahap dan dimulai pada Februari 2019. PPPK akan dibuka untuk seluruh wilayah di Indonesia. Dikabarkan, Februari ini, pemerintah akan membuka rekrutmen untuk PPPK.

Dikutip dari laman www.menpan.go.id ada 150.000 PPPK yang dibutuhkan untuk mengisi formasi yang dibuka.
Seleksi akan dibuka dalam dua tahapan. Tahap pertama dikhususkan untuk eks Tenaga Honorer K2 (THK2) pada posisi guru/dosen, tenaga kesehatan, dan penyuluh pertanian yang memenuhi syarat.

Sedangkan tahap kedua, PPPK dibuka untuk formasi umum. Rekrutmen PPPK ini bertujuan untuk akselerasi kapasitas organisasi serta mencapai tujuan strategis. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pertamina Gelar Upacara HUT RI, Bersama Veteran Berbagi Semangat Perjuangan

JAKARTA – Lagu Hari Merdeka membahana pada Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-74 ...