FK PKBM dan SKB Kabupaten Karawang Lounching Program Paket C Vokasi

KARAWANG-Sebagai bentuk layanan pendidikan menengah yang setara dengan Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA), yang berada pada jalur pendidikan nonformal, dengan dilengkapi keterampilan terstruktur dan dibuktikan dengan sertifikat uji kompetensi di kabupaten Karawang, FK PKBM dan SKB Kabupaten Karawang melaunching program paket C Vokasi, Selasa (5/2).

Dalam lounching program tersebut hadir Kasubdit Kesetaraan dan Pendidikan Berkelanjutan Kementrian pendidikan dan Kebudayaan, Dr. Samto. Dalam sambutannya, Peserta didik Paket C Vokasi tetap mengikuti pembelajaran sesuai kurikulum Paket C Setara SMA.

“Jadi setiap warga belajar yang tergabung dalam Paket C Vokasi setelah lulus akan mendapatkan ijazah Paket C Setara SMA ditambah sertifikat uji kompetensi. Sertifikat kompetensi ini diharapkan dapat membantu sebagai bekal untuk mencari atau memperoleh pekerjaan. Sudah barang tentu warga belajar yang memiliki sertifikat kompetensi akan lebih memudahkan mendapatkan pekerjaan karena pada saat ini berbagai sektor pekerjaan membutuhkan syarat kompetensi bukan sekedar ijazah sekolah atau yang setara,”jelasnya.

Lanjutnya, pola ini sebenarnya merupakan terobosan yang dapat dilakukan, karena untuk mengembangkan Paket C Setara SMK akan lebih rumit jika benar-benar mengikuti struktur kurikulum SMK sesuai dengan jenis pilihan programnya. Kerumitan akan dihadapi pada kesiapan sarana prasarana yang harus dipenuhi lembaga penyelenggara Paket C Setara SMK. Padahal yang diperlukan adalah kebisaan atau kompetensi yang diperlukan untuk mendapatkan pekerjaan.

“Melalui terobosan ini, tanpa menyediakan sarana dan prasarana yang kompleks untuk mengembangkan Paket C Setara SMK, dapat diperoleh dua hal sekaligus. Peserta didik akan memperoleh ijazah setara SMA dan sertifikat kompetensi. Untuk efektivitas, maka integrasi pendidikan kesetaraan Paket C dan pendidikan keterampilan dilakukan pada saat peserta didik menduduki tingkatan enam semester III (setara kelas XII semester I). Pembelajaran keterampilan fungsional dilakukan pada dua semester terakhir sebelum menyelesaikan pembelajaran Paket C Setara SMA,” pungkasnya.(one)

Video:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tunjukan Kinerja, Satpol PP Karawang Operasi Gepeng

KARAWANG – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Karawang langsung gerak menunjukan kinerjanya dengan ...