Bagaimana Jadinya Ketika Seribu Pusaka Karawang Diarak dan Dipamerkan

KARAWANG – Sebanyak 1.000 benda pusaka dipamerkan dan diarak dalam acara kirab budaya, Minggu 10 Januari 2019 di Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang. Helaran budaya itu dimotori oleh paguyuban Ikatan Masyarakat Cilamaya (Ismaya) dan berbagai paguyuban lainnya.

Pantauan wartawan seluruh pusaka yang ada di Kabupaten Karawang dan perwakilan dari kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat turut andil dalam acara kirab tersebut. 

Hadir dalam acara tersebut Kepala bidang Kebudayaan Provinsi Jawa Barat dan para budayawan yang ada di Jawa barat . Acara tersebut di buka oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang H.Okih Hermawan, mewakili Bupati Karawang, dr Cellica Nurrachadiana. 

Selain dari kirab pusaka acara tersebut diisi juga dengan acara sunatan masal, pengobatan gratis dan pembagian santunan kepada anak yatim.
Bahkan hadir juga Ketua Umum Seni Golok Indonesia Aunul Rofiq Lil Firdaus alias Opik pelantun lagu religi dari Ibukota.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh seluruh elemen komunitas budaya yang ada di Karawang. Misalnya paguyuban bedog lubuk, pangsi hideung, baraya Ismaya,  pusaka   Karawang, Gosali Karawang, Iket sunda  Karawang, paguyuban Singaperbangsa Karawang, Laskar macan ali Karawang, padepokan Godot, menak wadas, tumaritis, paguyuban silat pencug, pamiarta wayang golek, Seni golok Indonesia, Karawang guyub, purwaraksa, BMMK, dan tamu undangan lainnya yang ada di luar Karawang.

“Acara ini bertujuan untuk melestarikan kesenian dan budaya warisan leluhur Nusantara,” pungkas Kadisbudpar Karawang, Okih Hermawan. (cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Deklarasi Buka Bersama Tenant Chadstone Mall Cikarang

CIKARANG – Pengembang megasuperblok Chadstone Cikarang, PT Pollux Aditama Kencana – perusahaan kolaborasi antara PT ...