Dana Desa, Nomor Wahid Program Pemerintah yang Paling Banyak Dikorupsi

FAKTAJABAR.CO.ID – Edan! Rupanya anggaran pemerintah dari sektor dana desa merupakan sektor yang paling banyak dikorupsi sepanjang tahun 2018. Demikian rilis yang dibuka oleh Indonesia Corruption Watch (ICW).

ICW merilis data mengenai 5 sektor yang paling banyak dikorupsi sepanjang 2018. Kelima sektor itu mencakup infrastruktur dan non-infrastruktur.
Menurut data ICW, sektor yang paling banyak dikorupsi adalah dana desa. “Perlu adanya pengawasan yang dilakukan oleh inspektorat daerah untuk meminimalisir terjadinya korupsi anggaran desa,” ujar peneliti ICW Wana Alamsyah seperti dikutip Serambinews.com dari Kompas.com, baru-baru ini.

Menurut ICW, ada 49 kasus korupsi anggaran desa di bidang infrastruktur yang merugikan negara Rp 17,1 miliar. Selain itu, 47 kasus korupsi dana desa non-infrastruktur yang merugikan negara Rp 20 miliar. Berikutnya, sektor yang paling banyak dikorupsi pada tahun 2018 adalah di sektor pemerintahan.

Sementara, ada 44 kasus di sektor pemerintahan yang tidak terkait infrastruktur. Kasus tersebut merugikan negara Rp 260 miliar.

Sektor ketiga yakni korupsi yang terkait pendidikan. Ada 15 kasus terkait infrastruktur pendidikan yang merugikan negara Rp 34,7 miliar. Kemudian, ada 38 kasus di sektor pendidikan non-infrastruktur yang merugikan negara Rp 30 miliar.

Sektor keempat yang paling banyak dikorupsi adalah sektor transportasi. Ada 23 kasus pada sektor transportasi bidang infrastruktur yang merugikan negara Rp 366 miliar. Kemudian, ada 9 kasus korupsi sektor transportasi non-infrastruktur yang merugikan negara Rp 104 miliar.

Sektor kelima yang paling banyak dikorupsi yakni korupsi sektor kesehatan. Menurut ICW, ada 5 kasus infrastruktur kesehatan yang merugikan negara Rp 14,5 miliar. Ada pula 16 kasus di sektor kesehatan non-infrastruktur yang merugikan negara Rp 41,8 miliar. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pertamina Turunkan Harga BBM Hingga Rp 800 per/liter

JAKARTA– PT Pertamina (Persero) kembali melakukan penyesuaian harga BBM mulai 10 Februari 2019 pukul 00.00 ...