Darurat Narkoba, Sekitar 40 Persen Pelajar SMP di Karawang Jadi Pengguna Rutin Narkoba

KARAWANG-Kepala seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNNK Karawang, Puspita Wulansari mengatakan rawannya penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Karawang khususnya tingkat SMP mencapai sekitar 40 persen menjadi pengguna rutin penyalahgunaan narkoba.

“Hasil assesment tersebut diambil dari sekitar 50 sekolah SMA/SMK di Kabupaten Karawang di tahun 2016-2017,” jelasnya pada Fakta Jabar, Selasa (12/2).

Selain itu, lanjut Wulan, presentase terbesar pada pelajar tingkat SMP yang hendak masuk tingkat SMA/SMK yaitu perokok yang mencapai 80 persen. Diakuinya, penyalahgunaan narkoba untuk di tingkat pelajar berawal dari merokok.

“Harus diakui gerbang pertama penyalahgunaan narkoba di tingkat pelajar khususnya SMP adalah rokok,” terangnya.

Diungkapkannya saat menjadi narasumber dalam kegiatan Asistensi Penguatan Pembangunan Berwawasan Anti Narkoba kepada Instansi Pendidikan, yang juga dihadiri para komite tingkat SMP di Kabupaten Karawang dan beberapa pengawas dari Disdikpora, Senin (11/2) kemarin. Selain pengguna rutin dan perokok, pihaknya juga mengatakan sekitar 50 persen pelajar dalam taraf coba paka dan 20 persen sudah taraf ketergantungan.

“Miris kalau melihat hasil Assesment tersebut, maka dari itu, ini yang menjadi tanggung jawab kita bersama dalam menjaga para generasi penerus bangsa dari bahaya penyalahgunaan narkoba,” pungkasnya.(one)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pekan Raya Karawang Berhasil Menyedot 12 Ribu Pengunjung

KARAWANG – Pekan Raya Karawang yang digelar Galuh Mas berhasil menyedot pengunjung hingga 12 ribu ...