KPU Usulkan Sortir Surat Suara Dilakukan di Kantor Kecamatan

KARAWANG– Pemkab Karawang siap membantu KPU menyukseskan pemilu. Termasuk untuk urusan persiapan logistik pileg dan pilpres. Hal itu diungkapkan Penjabat Sekda Karawang Samsuri saat rapat di Gedung Singaperbangsa, Selasa (12/3/2019).

Dalam rapat itu, KPU Karawang mengusulkan agar sortir dan pelipatan surat suara dilakukan di kantor – kantor kecamatan. Hal itu untuk memangkas jarak dan waktu. Sebab, dalam sepekan ini, KPU selalu kekurangan tenaga untuk melipat dan menyortir surat suara di GOR Adiarsa.

“Kami khawatir tidak selesai tepat waktu. Karena masih ada 7 juta lebih surat suara yang masih belum dilipat,” ujar Gery S Samrodi, Plt Sekretaris KPU Karawang saat rapat di Ruang rapat gedung Singaperbangsa Karawang Selasa (12/3/2019).

Menyikapi hal ini, Penjabat sementara Sekda Karawang Samsuri menuturkan pemerintah daerah siap memfasilitasi usulan tersebut. “Tinggal mencari regulasinya, kalau ada kita perbolehkan karena kami (Pemda) sifatnya fasilitator saja. Kalau dipaksakan dilipat di GOR Adiarsa, kita khawatir tidak selesai tepat waktu,” kata Samsuri di Gedung Singaperbangsa, Selasa, (12/3/2019).

Namun, ia menyatakan sebaiknya sortir dan pelipatan surat suara untuk Pilpres tetap dilakukan di GOR Adiarsa. “Supaya menghindari polemik. Karena surat suara untuk Pilpres sangat sensitif,” katanya.

Ia menjelaskan penyelenggara pemilu adalah KPU. Artinya semua tahapan ada di punggung KPU, namun pemerintah ikut bertanggung jawab sebab pada akhirnya sukses tidaknya pemilu adalah pemerintah.

“Semua konsep sampai pelaksanaan ada di KPU kami hanya memfasilitasi, akhirnya sukses tidaknya itu pemerintah,” ungkapnya. (cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Massa Percobaan CPNS Bidan PTT Selama Satu Tahun

KARAWANG – Sebanyak 47 Bidan Pegawai Tidak Tetap (PTT) menerima Surat Keputusan Calon Pegawai Negeri ...