Dengan Mengkonsumsi Jamur Bisa Cegah Kerusakan Otak

FAKTAJABAR.CO.ID – Terkadang, banyak orang yang masih mempertanyakan nutrisi dari konsumsi jamur. Padahal, jamur memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Salah satunya yakni mencegah demensia.

Dikutip dari Detik.com, sebuah penelitian yang dilakukan oleh National University of Singapore (NUS) telah menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi jamur lebih dari dua porsi dalam seminggu dapat mengurangi risiko kerusakan otak, khususnya kondisi Mild Cognitive Impairment (MCI).

Satu porsi jamur yang dimaksudkan yakni berkisar antara 150 gram. Dua porsi setara dengan setengah piring. Dalam penelitian ini, bahkan satu porsi kecil masih bermanfaat untuk mengurangi MCI.

MCI adalah tahap penurunan kognitif yang terjadi seperti demensia yang serius. Gejalanya seperti kehilangan memori dan fungsi kognitif seperti berbicara, perhatian yang seringkali tidak disadari sehingga menjurus pada Alzheimer.

“Hubungan ini mengejutkan juga menggembirakan. Nampaknya bahan yang dapat ditemukan dengan mudah ini dapat memiliki efek yang menakjubkan dalam penurunan kognitif,” kata penulis utama penelitian, Profesor Lei Feng dari NUS Department of Psychological Medicine.

Enam jenis jamur yang biasa dikonsumsi di Singapura menjadi bahan penelitian ini. Jensinya adalah jamur emas, tiram, shiitake, jamur kancing, jamur kering dan kalengan. Namun tidak menutup kemungkinan jenis jamur lain juga memiliki efek yang menguntungkan.

Peneliti percaya alasan penurunan risiko kerusakan otak jika mengonsumsi jamur yakni karena senyawa pada jamur tersebut.

“Kami sangat tertarik pada senyawa yang disebut ergothioneine (ET). ET adalah antioksidan dan antiinflamasi yang unik yang tidak dapat diproduksi oleh manusia sendiri. Tetapi itu dapat diperoleh dari sumber makanan, salah satu yang utama adalah jamur,” pungkasnya.

Sumber: Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Anda Suka Jengkol? Waspadai Resiko Kesehatan Berikut Ini

FAKTAJABAR.CO.ID – Meskipun kerap dianggap sebagai makanan yang bisa menyebabkan bau mulut atau bau badan, ...