Neonisasi Program Karawang Caang Segera Dilaksanakan

KARAWANG – Sebagai inisiator program “Karawang Caang”, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kabupaten Karawang, dalam waktu dekat ini akan melaksanakan Program Neonisasi (Penerapan Lampu Neon) di 309 Desa dan Kelurahan se-Kabupaten Karawang.

Kepala Dinas PRKP Kabupaten Karawang, H. Ramon Wibawa Laksana mengatakan, pihaknya saat ini hanya tinggal menunggu pengajuan dari Desa atau Kelurahan, di titik-titik mana saja rencana penerapan lampu neon itu akan dipasang. “Untuk pemasangan lampu penerangan harus satu track, masing-masing Desa/Kelurahan dibangun 10 titik neonisasi. Setiap neonisasi yang dibangun itu berjarak sekitar 25 meter,” ujarny kepada Fakta Jabar, Jumat (15/3).

Ramon menambahkan, program neonisasi Karawang Caang ini berbeda dengan program pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) yang dilakukan seperti di jalan-jalan protokol. Tetapi neonisasi ini lebih merambah hingga ke seluruh pelosok Desa dan Kelurahan, sehingga akan lebih terang saat malam hari. “Kalau PJU itu kan fokusnya hanya di ruas-ruas jalan umum. Sekarang kita ingin Desa juga merasakan adanya penerangan dari program Pemerintah Daerah tersebut,” jelasnya.

Masih Ramon menambahkan, penerapan lampu neon di setiap Desa dan Kelurahan itu merupakan upaya Pemerintah Daerah dalam pemerataan pembangunan penerangan. Dengan harapan, menjadi stimulan yang dapat merangsang pihak Desa menambahkan penerangan sendiri di lingkungannya. “Kalau misal kebutuhan pemasangan 30 lampu, berarti pihak Desa hanya tinggal menambahkan 20 lampu saja dan bisa menggunakan ADD. Untuk selanjutnya, tagihan listrik tetap akan ditanggung oleh Pemerintah Daerah,” paparnya.

Untuk total anggarannya sendiri, sambung masih Ramon menambahkan, Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang menganggarkan kurang lebih sebesar Rp. 6 Miliyar pada program tersebut, maka setiap Desa mendapatkan alokasi anggaran sekitar Rp. 20 Jutaan. “Tahun lalu kita sudah membangun 56 titik taman. Untuk tahun ini, dengan adanya program Karawang Caang, anggaran pembangunan taman memang sebagian dialihkan ke program PJU dan Neonisasi,”. (lil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Massa Percobaan CPNS Bidan PTT Selama Satu Tahun

KARAWANG – Sebanyak 47 Bidan Pegawai Tidak Tetap (PTT) menerima Surat Keputusan Calon Pegawai Negeri ...