Bukan Hanya Untuk Buka Puasa, Ini Manfaat Kurma untuk Kesehatan

FAKTAJABAR.CO.ID – Kurma akan sangat melimpah saat puasa di Indonesia. Sudah menjadi tradisi dan teladan Nabi Muhammad, jika buka puasa dengan kurma. Tahukah kamu manfaat kurma?

Dikutip dari Detik.com, selain buahnya manis menjadi favorit saat puasa. Tidak hanya saat puasa, makan kurma tiap hari juga baik untuk kesehatan.

Berikut manfaat kurma.

Banyak Nutrisi

Kurma memiliki nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan kalori kurma kering lebih tinggi dari buah segar lainnya. Kandungan kalori kurma mirip dengan buah-buahan kering lainnya, seperti kismis dan buah ara.

Sebagian besar kalori dalam kurma berasal dari karbohidrat. Sisanya berasal dari protein yang sangat kecil. Terlepas dari kalori mereka, kurma mengandung beberapa vitamin dan mineral.

Tinggi Serat

Kurma mengandung serat yang tinggi untuk kesehatan. Serat dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit. Kamu pun dapat buang air besar secara teratur.

Antioksidan untuk Mengatasi Beberapa Penyakit

Kurma menyediakan berbagai antioksidan yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan, termasuk pengurangan risiko beberapa penyakit.

Antioksidan melindungi sel-sel Anda dari radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan reaksi berbahaya dalam tubuh kamu dan menyebabkan beberapa penyakit.

Berikut ini ikhtisar dari tiga antioksidan paling kuat dalam kurma:

Pertama, Flavonoid. Flavonoid adalah antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi peradangan dan telah diteliti potensinya untuk mengurangi risiko diabetes, penyakit alzheimer, dan jenis kanker tertentu. Kedua, Karotenoid, meningkatkan kesehatan jantung dan dapat mengurangi risiko gangguan terkait mata. Ketiga, asam fenolik yang dapat membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.

Meningkatkan Fungsi Otak

Kurma bermanfaat untuk mengurangi aktivitas protein beta amiloid, yang dapat membentuk plak di otak. Ketika plak menumpuk di otak, dapat mengganggu komunikasi antara sel-sel otak, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian sel otak dan penyakit alzheimer.

Membantu Persalinan

Kurma diketahui bermanfaat untuk membantu persalinan pada wanita hamil. Makan kurma selama minggu-minggu kehamilan akhir dapat meningkatkan pelebaran mulut rahim sehingga mengurangi induksi persalinan.

Selain itu, kurma mengandung tanin, yang merupakan senyawa yang telah terbukti membantu kontraksi. Kurma juga merupakan sumber gula alami dan kalori yang baik, yang diperlukan untuk mempertahankan energi selama persalinan. Selain membantu persalinan, kurma muda dikabarkan dapat membuat wanita cepat hamil.

Pemanis Alami Sempurna

Kurma adalah sumber fruktosa, yang merupakan jenis gula alami yang ditemukan dalam buah. Kurma juga pengganti gula putih karena nutrisi, serat, dan antioksidan yang dikandungnya.

Cara terbaik untuk mengganti kurma dengan gula putih adalah dengan membuat pasta kurma. Kamu juga bisa mengombinasikan kurma dengan kacang-kacangan dan biji-bijian untuk membuat snack bar. Terlebih lagi, kamu dapat menggunakan kurma untuk mempermanis saus, seperti saus salad dan bumbu, atau mencampurnya menjadi smoothie dan oatmeal.

Sehatkan tulang

Kurma mengandung beberapa mineral, termasuk fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium. Semua ini telah dipelajari untuk potensinya dalam mencegah kondisi terkait tulang seperti osteoporosis.

Kontrol Gula Darah

Serat dalam kurma bermanfaat untuk mengontrol gula darah. Serat memperlambat pencernaan dan dapat membantu mencegah kenaikan kadar gula darah terlalu tinggi.

Namun penting untuk dicatat bahwa meskipun tinggi serat dan nutrisi, kurma masih cukup tinggi kalori. Jadi paling baik kurma dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Sumber: Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jumlah Kematian di Dunia Diakibatkan Menu Makanan Tidak Sehat

FAKTAJABAR.CO.ID – Sebuah penelitian mengungkapkan, setiap tahun ada 11 juta orang mengalami kematian dini akibat ...