Pertamina EP Gelar Panen Perdana Padi Organik di Kelurahan Plawad

KARAWANG– Pertamina EP Asset 3 Field Subang menggelar panen perdana program Corporate Social And Responsibelity (CSR) pertanian Sistem Rice Intensification (SRI) Organik hasil kerjasama dengan yayasan Aliksa Organik bersama Kelompok Tani di Dusun Krajan, Kelurahan Plawad, Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang Selasa(26/3/2019).

Dalam kegiatan tersebut hadir Legal and Relations Ast Manager PT Pertamina EP, Lurah Plawad, Perwakilan Kepolisian, Perwakilan Kodim, Penyuluh, dan dua kelompok tani di lahan 4000 meter persegi.

Retno Hastuti selaku Legal and Relations Ast Manager PT Pertamina EP Asset 3 Field Subang mengatakan, anggapan bahwa hanya tanaman keras yg dapat hidup di lahan pertambangan, dapat terpatahkan dengan keberhasilan panen raya padi di Plawad yang berdekatan dengan titik sumur migas.

“Kegiatan ini dapat meningkatkan perekonomian para petani, meningkatkan pendapatan dan memperkecil biaya produksi karena konsep pertanian organik kedepan bisa direplikasi ke petani lainnya,” ujar Retno Hastuti.

Dikatakan Retno, Pertamina EP melaksanakan pendampingan program Padi Sri binaan di Kabupaten Karawang ada Cilamaya dan Plawad, Ciranggon. Tidak hanya Pendampingan tersebut, kita juga menerapkan konsep organik dengan praktek tanam tunggal, membuat kompos organik, mikro organisme lokal (mol), sampai pada pengobatan herbal untuk keluarga. 

“Untuk Karawang Timur kita siapkan pendamping yang stay setiap hari. Dimana kita evaluasi setiap tiga bulan sekali dan kita berharap pendampingan ini terus berjalan tidak hanya pendampingan namun pengemasan, pemasaran hingga sertifikasi,” paparnya.

Sementara itu, Lurah Plawad, Hadi Firmansyah SH, MH mengapresiasi semangat para warga untuk belajar budidaya pertanian organik di desanya. Dimana kegiatan kelompok petani yang difasilitasi Pertamina EP Asset 3 Subang Field.

“Sebagai Lurah disini, saya sangat mengaspresiasi kegiatan ini. Dimana kegiatan ini bisa dapat meningkatkan produktivitas padi di wilayahnya,” tuturnya.

Desa Plawad merupakan desa dengan potensi pertanian organik yang prospektif ditambah dengan potensi migas yang cukup baik. Di Desa Plawad sendiri juga terdapat sumur migas milik Pertamina EP. Sumur BBS-09 merupakan salah satu sumur migas pengembangan Pertamina EP Asset 3 Subang Field dengan produksi minyak sebesar 4578 bopd dan gas sebesar 195 mmscfd

PT Pertamina EP (PEP) merupakan salah satu perusahaan milik pemerintah yang bertugas menyediakan energi untuk memenuhi kebutuhan nasional dan beroperasi di bawah pengawasan SKK Migas. PT Pertamina EP Asset 3 Subang Fiend merupakan salah satu field diwilayah kerja PT Pertamina EP Asset 3 dengan wilayah kerja di Kabupaten Karawang dan Kabupaten Subang.

Pencapaian produksi PT Pertamina EP Asset 3 Subang Field yaitu angka produksi minyak mencapai Minyak 1400 bopd dan Gas 2.3 mmscfd. (adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Program Pendidikan Ritel Merupakan Tanggungjawab Sosial Alfamart

KARAWANG – Sebagai perusahaan yang hadir di tengah masyarakat, PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (Alfamart) ...