Aturan Dilarang Merokok Saat Berkendara, Ini Kata Kasat Lantas Polres Karawang

KARAWANG– Aturan dilarang merokok yang tertuang dalam Peraturan Menteri (PM) Perhubungan RI Nomor PM 12 Tahun 2019, Pasal 6 huruf (c), tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat dijelaskan Kasat Lantas Polres Karawang, AKP Bariu Buwana.

“Aturan itu tidak hanya melarang merokok, tapi juga aktivitas lainnya seperti bertelepon atau mendengarkan musik. Aturan ini telah diterbitkan dan berlaku mulai 11 Maret 2019. Dalam permenhub tidak ada sanksi tertulis melarang pengemudi merokok, untuk permasalahan denda diserahkan kepada pihak kepolisian sebagai petugas penilang,” jelasnya saat dihubungi Fakta Jabar, Senin (1/4).

Sebelumnya, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Refdi Andri setuju dengan aturan atau larangan yang diterbitkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), salah satunya dilarang merokok ketika naik sepeda motor.

“Itu sama saja dengan mengganggu konsentrasi ketika berkendara dan sudah tertuang juga dalam undang-undang,” ucap Refdi ketika dihubungi awak media, Jumat (29/3).

Menurut Refdi, banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami ganggunan ketika berkendara, salah satunya adalah merokok. Oleh sebab itu, dilarang dan bisa dikenakan tilang sesuai dengan aturan saat ini.
“Tujuannya sudah jelas, yaitu demi keamanan dan keselamatan bersama,” ucap Jenderal Polisi bintang dua itu.

Aturan tersebut tertulis jelas dalam pasal 6 huruf C yang dirilis Kemenhub pada aturan ojek online. Pasal itu menjelaskan bahwa pengemudi dilarang merokok dan melakukan aktivitas lain yang mengganggu konsentrasi ketika sedang mengendarai sepeda motor.

Apabila melanggar, maka pemotor tersebut akan dikenakan tindakan sesuai dengan UU Nomor 22 Tahun 2009 berupa pidana kurungan paling lama tiga bulan atau denda paling banyak sebesar Rp 750.000. Kakorlantas Setuju dengan Larangan Merokok Saat Naik Motor.(one)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Oknum ASN DPMD Karawang Bersikap Kasar dan Sinis

Bukti Kinerja Pelayan Publik Bermental Buruk KARAWANG – Prinsip dan fungsi pegawai Aparatur Sipil Negara ...