Program Pendidikan Ritel Merupakan Tanggungjawab Sosial Alfamart

KARAWANG – Sebagai perusahaan yang hadir di tengah masyarakat, PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (Alfamart) menjalankan program tanggung jawab sosial berkelanjutan. Salah satunya melalui program pendidikan ritel bagi siswa SMK, Alfamart Class.

Melalui program tersebut, Alfamart bekerja sama dengan SMK yang memiliki jurusan bisnis atau manajemen pemasaran. Perusahaan melakukan sinkronisasi kurikulum pendidikan ritel, memberikan pelatihan kepada tenaga pengajar dan siswa. Selain itu, perusahaan juga menghibahkan Laboratorium Ritel sebagai media praktik belajar siswa di sekolah.

“Program yang telah berjalan sejak 2011 ini, diharapkan dapat menciptakan lulusan SMK yang memiliki daya saing tinggi, terampil, dan siap bekerja di lingkungan perusahaan. Khususnya di industri ritel, dengan berbagai kompetensi yang telah dimiliki,” ujar Branch Manager Alfamart Karawang, Agus Tri Susanto.

Agus menambahkan, Alfamart Class merupakan salah satu upaya perusahaan dalam menciptakan keselarasan program pendidikan dengan kebutuhan industri ritel melalui transfer knowledge dan praktik pembelajaran yang komprehensif.

“Kebutuhan tenaga kerja di industri ritel terbilang besar. Setiap tahunnya, tim operasional Alfamart banyak menerima lulusan dari jenjang pendidikan SMA/SMK,” papar Agus.

Oleh karena itu, sambungnya, program ini bisa menjadi solusi yang menguntungkan bagi berbagai pihak.

“Di satu sisi kami membantu menyediakan lapangan kerja bagi lulusan SMK, di sisi lain kami juga mendapat tenaga kerja yang kompeten dan mampu menjawab kebutuhan perusahaan,” tuturnya.

Menurut Agus, lulusan SMK yang mengikuti program Alfamart Class dapat langsung bekerja di Alfamart. Selain itu, berbekal pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh, lulusan Alfamart Class juga bisa membuka usaha ritel secara mandiri.

“Kami membekali siswa dengan berbagai kompetensi seperti pengetahuan produk, transaksi dan administrasi penjualan, persediaan produk, prosedur kerja, kerja sama tim, hingga pelayanan pelanggan,” terangnya.

Pada Jumat (19/4/2019) SMKN 2 Karawang menggelar acara Wisuda untuk para siswa siswi yang tergabung dalam Jurusan Alfamart Class.
Acara wisuda ini di hadiri oleh Kepala Sekolah, H. Lili Suhanda M.Pd serta hadiri pula H. Endang, M.Pd selaku Ketua Pengawas SMK se-Kabupaten Karawang dan perwakilan dari Manajemen Alfamart Cabang Karawang.

“Ini merupakan wisuda angkatan pertama bagi Jurusan Industri Alfamart Class”, tutur H. Lili.

“Sebanyak 39 peserta didik jurusan Industri Alfamart Class, kami wisuda hari ini,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Pengawas SMK se-Kabupaten Karawang, H. Endang berharap, dengan di wisudanya lulusan jurusan Industri Alfamart Class ini siswa siswi SMKN 2 Karawang bisa mengaplikasikan ilmu yang sudah mereka pelajari di dalam kelas ke dunia usaha.

“Sehingga ke depannya ketika mereka sudah lulus dari sekolah ini, mereka sudah menjadi lulusan yang handal,” katanya.

Salah satu siswi yang berprestasi dalam Jurusan Alfamart Class, Rima Maylani (17) mengatakan, selama ia belajar di jurusan Industri Alfamart Class berharap dapat melanjutkan ke jenjang berikutnya

“Dan nantinya dapat diterima bekerja di Alfamart,” pungkasnya.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Punya Utang ke Pinjol? Baznas Bisa Bantu Melunasi, Baca Selengkapnya

Karawang – Dua lembaga yang ada di Indonesia yaitu Badan ...