MGMP Bahasa Inggris SMA Kabupaten Karawang Gelar KSDC

KARAWANG – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris SMA Kabupaten Karawang menggelar ajang tahunan yaitu turnamen debat yang dinamai Karawang Schools Debating Championship (KSDC), Senin (29/4) di SMAN 4 Karawang.

ketua MGMP Bahasa Inggris SMA sekaligus Ketua Pelaksana , Rudiyana, S.S., M.Pd, mengatakan Turnamen Debat idealnya dilaksanakan selama dua hari. Akan tetapi, mengingat padatnya kegiatan yang harus dihadapi sekolah jenjang SMA, maka turnamen debat dipadatkan menjadi satu hari tanpa sedikitpun mengurangi esensi dan pentatalaksanaan aturan debat di tingkat nasional.

“Karena masalah waktu itu pula, maka turnamen debat menggunakan sitem parlementer (Parliamentary System),” jelasnya pada Fakta Jabar.

Lanjut Rudiyana, turnamen debat tahun ini diikuti oleh 23 sekolah peserta dari kurang lebih 35 SMA negeri dan swasta di Kabupaten Karawang, dimana masing-masing sekolah diwakili oleh 3 orang pembicara. Para peserta debat harus menempuh 5 anak tangga untuk bisa memperebutkan juara pertama, dan menjadi sekolah pemenang.

“Lima anak tangga yang dimaksud menurut Pembina/ Penaggungjawab MGMP Bahasa Inggris SMA, sekaligus Kepala Sekolah SMAN 2 Cikampek , Dra. Hj. Dida Siti Sa’adah, M.M, adalah preliminary round 1, preliminary round 2, octo final, quarter final, semi final, dan Final. Dalam masing-masing ronde, peserta debat akan berhasil terselekksi atau bahkan gugur,” terangnya.

Dari 5 tahapan yang harus dilalui oleh tim pendebat, Juara 1 diraih oleh SMA Yos Sudarso, Juara 2 diraih oleh SMA Slamet Riyadi, Juara 3 diraih oleh SMAN 3 Karawang, Juara harapan 1 diraih oleh SMAN 2 Cikampek, Juara Harapan 2 diraih oleh SMAN 1 Lemah Abang dan Juara harapan 3 diraih oleh SMAN 1 Klari.

“Sekolah tim pemenang tersebut telah melalui proses panjang penjurian, dimana dalam satu babaknya dinilai oleh 3 orang tim juri, sehingga dicapailah hasil tersebut,” pungkas Penaggungjawab MGMP Bahasa Inggris SMA Dra. Hj. Dida Siti Sa’adah, M.M.

Menurutnya, Walaupun sekolah pemenang pertama adalah SMA Yos Sudarso, tidak serta merta Tim Pembicara Debat dari sekolah pemenang yang akan mewakili karawang ke Tingkat provinsi. Yang berhak mewakili Karawang ke tingkat Provinsi untuk ajang debat tahun 2019 adalah mereka yang ditetapkan sebagai “BEST SPEAKERS” (pembicara terbaik) diantaranya Andrew (SMA Yos Sudarso), Zulfi(SMA Budi Mulya), Angel(SMA Slamet Riyadi), Vincet (SMA Yos Sudarso), Naomi (SMA Yos Sudarso),Aldriqh (SMAN 3 Karawang), Isnan (SMAN 5 Karawang), Anta Reza (SMA Budi Mulya).

“Dari 8 best speakers tersebut akan dibina selama kurang lebih 2 bulan, dari hasil pembinaan dan pengawasan tersebut akan diambil 3 pembicara terbaik yang akan mewakili kabupaten Karawang di tingkat Provinsi,” ungkap Rudiyana.(dpn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jika Terjadi Kebakaran Jangan Panik, Segera Hubungi Pemadam Kebakaran. Ini Nomor Kontaknya

KARAWANG – Kepala UPTD dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Karawang,Rohmat menyampaikan ...