Terminal Tanjungpura Segera Direnovasi

Tapi Saat Ini Masih Terkendala PKL

KARAWANG – Upaya Pemkab Karawang mempercantik Terminal Tanjngpura Karawang, terkendala Pedagang Kaki Lima (PKL). Dua kali anggaran dialokasikan untuk pembangunan median jalan Terminal Tanjungpura, dan dua kali pula anggaran tersebut gagal terserap.

Kepala Bidang Pertamanan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Karawang, Nopi Gunawan mengatakan, para PKL di Terminal Tanjungpura Karawang menyatakan sikap menolak rencana pembangunan Terminal Tanjungpura Karawang. Bahkan para PKL meminta uang kerohiman agar bisa memindahkan lapak dagangannya.

“Pihak rekanan, para kontraktor mengaku nyerah dengan pekerjaan ini. Para pedagang enggan berpindah tempat. Di lain sisi, kami dituntut untuk mepercantik wajah Karawang. Terminal Tanjungpura merupakan etalase Karawang,” kata Nopi, Selasa (30/4/2019).

Dijelaskan, median jalan di Terminal Tanungpura rencananya akan dibangun trotoar yang nyaman untuk menunggu angkutan umum dan tempat kongkow-kongkow. Akan turut dibangun tempat duduk tepian jalan, tanaman hias, lampu tamanm, hingga ornamen-ornamen yang bisa mempercantik wajah Karawang.

“Sudah dua kali Pemkab Karawang mengalokasikan anggaran untuk pembangunan Terminal Tanjungpura, dan dua kali pula rencana pembangunan itu gagal dilaksanakan,” katanya.

Tahun ini, lanjut Nopi, anggaran tersebut kembali dialokasikan, namun tetap terkendala oleh pedagang kaki lima. Terkait dana kerohiman, Dinas PRKP tidak bisa memenuhi tuntutan tersebut.

Nopi menjelaskan, diperlukan ketegasan dinas teknis terkait hal tersebut. Satpol PP diminta untuk tegas menegakkan Perda Kebersihan, Ketentraman dan Keindahan. (cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

DLHK Gelar Uji Emisi Gratis dan Rehab Ekosistem Pesisir Laut

KARAWANG – Sejumlah perempuan muda berparas cantik berstatus pegawai kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karawang ...