Dasim dan Saan Diprediksi tak Lolos ke Senayan?

KARAWANG – Perolehan suara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) saat ini naik signifikan dibandingkan Pemilu 2014 lalu. Bahkan ditiap daerah kursi PKS bertambah. Tak terkecuali di Dapil Jabar VII untuk anggota DPR RI berpeluang meraih 2 kursi di Dapil Kabupaten Bekasi, Karawang dan Purwakarta.

Sebelumnya PKS memiliki 1 kursi di Jabar VII saat Pemilu 2014. Namun Pemilu 2019 berpeluang 2 kursi. Bertambahnya kursi PKS ini merupakan suatu kepercayaan masyarakat, karena PKS saat ini tengah naik daun.

Data yang dihimpun wartawan dari dakoram centre di Purwakarta, sementara ini PKS peroleh suara 362.135 dari tiga kabupaten. Namun perolehan suarat itu masih berlangsung.

Data yang diolah oleh pusat kajian itu juga telah disimulasikan dengan metode penghitungan perolehan kursi menggunakan metode saint lague.

Dengan persentase perolehan suara mencapai 30,54%, Golkar meraih hampir 1 juta suara di 3 kabupaten.

Diurutan kedua, ada partai besutan Prabowo Subianto yang perolehan kursinya bakal naik, dari 1 kursi di 2014, pada Pileg kali ini jadi 2 kursi. Dengan persentase mencapai 18,43%. Partai Gerindra berhasil mengumpulkan suara sebanyak 594.494 suara di 3 kabupaten.

Posisi berikutnya ditempati PKB, dengan persentase mencapai 11,54%, partai besutan Cak Imin itu, tetap mempertahankan 1 kursi. Dengan perolehan suara mencapai 372.833 suara di 3 kabupaten.

Sementara diposisi keempat, dengan persentase hanya 8,74%. PDIP harus merelakan kehilangan 1 kursinya. Pada Pemilu 2014, partai berlambang banteng itu mendapatkan 2 kursi, sayang, kini hanya menyisakan 1 kursi. Di 3 kabupaten, PDIP hanya memperoleh 282.467 suara. Bahkan di Kabupaten Purwakarta, PDIP hanya memperoleh 37.034 suara.

Lalu, 2 kursi berikutnya disabet oleh PKS dengan persentase 7,71% dan Demokrat dengan persentase 5,09%. Masing-masing 1 kursi. Perolehan suara PKS di 3 kabupaten mencapai 249.035 suara, sementara Demokrat di tiga kabupaten yang sama memperoleh 164.628 suara.

Pada 2019 ini, untuk 10 partai peserta Pemilu lainnya, seperti; Partai Nasdem, Garuda, Berkarya, Perindo, PPP, PSI, PAN, Hanura, PBB dan PKPI diprediksi bakal gigt jari.

Namun demikian, semua olahan data diatas adalah: Lebih tepatnya, mari sama-sama kita menunggu hasil penghitungan suara real count yang dilakukan KPU. Hingga hari ini, perhitungan realcount KPU sudah menyelesaikan didua kabupaten,yakni Karawang dan Purwakarta.

Dari hitungan sementara dua kabupaten itu salah satu petinggi parpol dan kader parpol asli putra Karawang, Saan Mustopa dan Dadang S Muhtar yang pernah duduk di DPR RI diprediksi tidak lolos. (red/cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Puncak Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Karawang Diikuti Ribuan Peserta

FAKTAJABAR.CO.ID – Peringatan puncak Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2019 yang digelar Dinas Lingkungan Hidup dan ...