Batiqa Hotels Dukung Konservasi Alam di Kepulauan Derawan dan Pulau Rote Lewat Gerakan One Earth Movement

KARAWANG– Dalam rangka menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia, BATIQA Hotels berkomitmen untuk mengambil peran aktif dalam gerakan konservasi alam Indonesia, khususnya di kawasan-kawasan wisata bahari seperti Kepulauan Derawan dan Pulau Rote.

Amir Tjahaja selaku Wakil Presiden Direktur BATIQA Hotels menyatakan bahwa komitmen perusahaan untuk berperan aktif dalam menjaga kestabilan ekosistem Indonesia diwujudkan melalui gerakan #OneEarthMovement yang juga mendapatkan dukungan dari YKAN (Yayasan Konservasi Alam Nusantara).

Berdasarkan data YKAN, Indonesia tidak hanya merupakan negara kepulauan terbesar tetapi juga merupakan negara dengan keanekaragaman hayati laut terbanyak. Amir mengungkapkan bahwa gerakan #OneEarthMovement bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk lebih peduli akan kelestarian alam Indonesia dan mengedukasi masyarakat atas isu conscious hospitality.

“Conscious hospitality adalah konsep layanan yang mengaplikasikan keramahtamahan dengan penuh kesadaran, bertujuan, dan pertimbangan yang bijaksana. Sebagai salah satu pelaku industri pariwisata, kelestarian lingkungan di destinasi wisata bahari seperti Kepulauan Derawan dan Pulau Rote merupakan hal yang menjadi perhatian kami,” ujar Amir Tjahaja.

Amir menyatakan bahwa salah satu upaya BATIQA Hotels untuk mengurangi kerusakan lingkungan adalah dengan meminimalisasi penggunaan plastik di lingkungan hotel. Secara bertahap, BATIQA Hotels mengganti amenities hotel yang berbahan dasar plastik menjadi ecoplas yang terbuat dari tepung singkong.

“Berbeda dengan plastik, ecoplas lebih cepat terurai. Tentu hal ini akan membantu kita dalam meminimalisasi jumlah limbah plastik yang beredar baik di daratan maupun di lautan,” ujar Amir. Ia menambahkan, sekitar 5 – 13 juta ton limbah plastik terbawa ke lautan dan menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan.

Amir menyadari bahwa upaya konservasi alam membutuhkan kolaborasi dari banyak pihak. Dia berharap masyarakat luas dapat berpartisipasi aktif di gerakan #OneEarthMovement melalui cara-cara yang telah disiapkan BATIQA Hotels.

“Kami tidak hanya mengajak tamu hotel untuk dapat terlibat dalam gerakan ini, tapi juga masyarakat yang lebih luas. Seluruh hasil donasi akan digunakan untuk kegiatan konservasi lingkungan di Kepulauan Derawan dan Pulau Rote,” ujarnya.

“Pencapaian dan seluruh usaha yang dilakukan YKAN tidak akan berhasil tanpa dukungan dari seluruh board of trustees, leadership councils, kerja sama dengan pemerintah, pemberi donor, duta alam, hingga seluruh insan yang bergabung di dalam YKAN. Kerja sama dengan BATIQA Hotels merupakan bagian dari langkah kami untuk mencapai misi agar bumi tetap lestari,” tambah Country Director YKAN Rizal Algamar.

Adapun cara-cara yang telah dipersiapkan BATIQA Hotels terbagi ke dalam 3 program:

  1. Stay With Purpose
    BATIQA Hotels akan mendonasikan Rp 10.000/transaksi untuk setiap reservasi yang dilakukan dengan cara walk-in. Sementara untuk setiap reservasi melalui situs resmi www.batiqa.com, donasi yang diberikan adalah sebesar Rp 5.000/transaksi.
  2. The Movement
    BATIQA Hotels menawarkan amenities ecoplas yang dapat dibeli oleh tamu hotel di bagian front office. BATIQA Hotels akan mendonasikan Rp 15.000 dari setiap ecoplas yang terjual.
  3. Make a Difference
    BATIQA Hotels memfasilitasi masyarakat yang ingin langsung berdonasi secara mandiri melalui link yang dapat ditemukan di www.batiqa.com.

Tentang BATIQA Hotels

BATIQA Hotels merupakan jaringan hotel lifestyle bintang tiga di Indonesia. Brand BATIQA diambil dari kata “batik” serta “Quality A”. Batik merupakan salah satu ikon kebanggaan Indonesia, sementara “Quality A” merupakan komitmen untuk selalu memberikan pelayanan terbaik. Saat ini BATIQA Hotels tersebar di kota-kota besar seperti Pekanbaru, Palembang, Lampung, Jababeka, Karawang, Cirebon, serta Surabaya.

Tentang YKAN

Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) adalah organisasi yang memiliki misi melestarikan tanah dan air yang penting bagi kehidupan. YKAN adalah mitra lokal The Nature Conservancy (TNC), sebuah organisasi berbasis ilmu pengetahuan dan pengalaman sejak tahun 1991 dalam memajukan konservasi di Indonesia. Meskipun YKAN dan TNC telah secara bersama-sama menggabungkan program mereka untuk mencapai misi mereka di Indonesia, keduanya tetap sebagai entitas yang terpisah dan independen. (cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Musrenbang Bahas Program Pembangunan Pasar di Beberapa Kecamatan Jadi Prioritas

Karawang – Pemerintah Kabupaten Karawang menggelar Musrenbang yang membahas RPJPD ...