Produksi Rangginang, Opak & Semprong Meningkat Di Bulan Ramadhan

KARAWANG – Info UMKM Karawang (Inuka) merupakan komunitas pengusaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Pangkal Perjuangan. Yang beranggotakan 175 pelaku usaha beragam jenis yang diproduksi.

Meski dikatakan masih seumur jagung organisasi ini. Namun sudah tercengang ditelinga masyarakat Karawang. Bahkan sejumlah anggotanya sudah berkembang pesat dalam penjualan produk.

Sekretaris Umum Inuka, Sri Utami, mengatakan anggota Inuka setiap daerah ada anggota. Dan siapa saja bisa jadi anggota asalkan produksinya di Karawang.

“Anggota kami dari beragam usaha. Makanan, minuman, kerajinan, kue dan sebagainya,” katanya diacara bazaar UMKM Ramadhan di Summarecon Emerald Karawang.

Menurut Sri, yang menjadi khas produksi oleh-oleh Karawang adalah opak Cilamaya. Ditambakan lagi Bandeng Presto, Pindang Bandeng, Bandeng Tanpa Duri menjadi unggulan.

Ia menjelaskan supaya mandiri dan peran berkembang, dengan sistem korwil semua di akomodir. Tiap korwil ada sekretariat semua info keluhan anggota tampung untuk diberikan solusinya. Korwil itu dari Karawang Barat, Rengasdengklok, Batujaya, Cilamaya hingga Cikampek sudah ada pembagian Korwilnya.

“Kami mandiri. Tidak mengandalkan dinas. Saling membantu sama lain supaya usahanya berkembang,” ujarnya.

Lanjutnya, untuk pemasaran sendiri lewat online, ofline, bazar, event, pameran kegiatan lainnya. Produk UMKM dikenalkan kepada masyarakat.

“Produk kami sudah ada di Outlet-outlet Karawang. Seperti Outlet Singaperbangaa dan Outlet di Jalan Interchange untuk oleh-oleh,” lanjutnya.

Sri mengaku selama Ramadhan produksian meningkat. Misalnya Rangginang, Opak dan Semprong juga Pindang Bandeng bisa mencapai 100 kilogram dalam satu minggu.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sosok Kartini PLN : Kiprah Dewi Setyaharini Pimpin Unit Pelaksana Transmisi Bekasi

Faktajabar.co.id – Setiap tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. ...