Ketua DPRD Karawang Bacakan UUD 1945 di Upacara Hari Pancasila

KARAWANG – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karawang, H. Toto Suripto membacakan teks UUD 1945 di upacara Peringatan Lahir Pancasila 1 Juni 2019 di Plaza Pemda Karawang.

Upacara peringatan tersebut, di pimpin langsung oleh Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana.

Selanjutnya, Amanat Plt.Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) RI, Hariyono, yang dibacakan oleh Bupati Cellica, menjelaskan bahwa Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam negara kesatuan Republik Indonesia.

Secara antropologis dan sosiologis keberagaman ras etnis, agama kepercayaan dan budaya yang ada di Indonesia. Hal itu sudah ada sejak masa prasejarah hingga sekarang. Indonesia hidup dan bahagia dalam keberagaman Pancasila sebagai dasar negara.

“Ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia. Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila kita akui bahwa eksistensi ke Indonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini dan ini semua berkat Pancasila. Nilai-nilai Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Menurut bupati, memperingati dan merayakan Hari Kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 juni merupakan suatu keniscayaan.

“Pertama kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah di mana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga bangsa nusantara dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa yang besar,” tukas bupati.

Sementara Ketua DPRD Karawang mengucapkan selamat Hari Lahir Pancasila tahun 2019. “Kita jaga keutuhan NKRI dan Pancasila menjadi pedoman,” pungkasnya.(adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Anak Penderita Stunting di Karawang Meninggal Dunia

Karawang – Seorang anak berusia 3 tahun berinisial Y yang ...