Rencana Pembongkaran PKL di Terminal Tanjungpura, Satpol PP Akan Koordinasi Dulu

KARAWANG– Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Karawang, Hambali mengaku akan bekerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam penegakkan peraturan daerah (Perda). Menyikapi sikap Pedagang Kaki Lima (PKL) di Terminal Tanjungpura yang menolak rencana pembangunan taman di median jalan, Hambali mengaku akan berkoordinasi dengan dinas terkait.

“Terkait PKL Tanjungpura, kami akan berkoordinasi dengan dinas terkait terlebih dahulu. Sedangkan terkait rencana pembagunan taman di median jalan di Terminal Tanjungpura yang mendapat penolakan dari PKL, kami di Satpol PP belum pernah mendapat kabar rencana pembangunan tersebut dari PRKP,” kata Hambali, Rabu (19/6/2019).

Dikatakan lebih lanjut, penataan PKL butuh perencanaan yang matang. Koordinasi dengan dinas terkait sangat diperlukan agar pelaksanaan penataan PKL dapat dilaksanakan dengan baik. Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Perhubungan dan Dinas PRKP akan dilibatkan dalam rencana penataan PKL Terminal Tanjungpura.

“Kami akan bekerja sesuai dengan Tufoksi kami. Setelah berkoordinasi antar dinas, kami akan melayangkan surat teguran pertama, surat kedua dan surat ketiga, dan jika sampai surat ketiga belum PKL tetap menolak, maka kami akan melakukan tindakan tegas,” tutur Hambali.

Hambali berharap, para PKL dapat mendukung Pemerintah Daerah Karawang dalam penataan kota. Pihaknya meminta PKL untuk tidak menghambat rencana Pemkab Karawang dalam pembangunan. “Dalam waktu dekat ini kami akan melakukan koordinasi dengan dinas terkait,” tutur Hambali.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pertamanan Dinas Penataan Ruang dan Pemukiman Rakyat (PRKP) Karawang, Novi Gunawang menyampaikan, rencana pembangunan taman di median jalan di Terminal Tanjungpura mendapat penolakan dari PKL. Dinas PRKP telah dua kali mengalokasikan anggaran untuk pembangunan median jalan, dan dua kali pula ditolak. Di tahun anggaran 2019, anggaran pembangunan taman di median jalan Terminal Tanjungpura kembali dianggarkan.

“Kami sadar betul, Terminal Tanjungpura itu gebang masuk Karawang, etalasenya Karawang. Kami yang mendapat tugas untuk mepercantik Karawang, ingin Terminal Tanjungpura Karawang cantik dengan fasilitas umum yang nyaman. Termasuk median jalannya. Nanti ada tanaman hias, bangku taman, hingag berbagai ornamen yang memperindah tata kota,” pungkasnya.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Polsek Majalaya Amankan Kegiatan Mancing Gratis Bersama di Irigasi Ciranggon

KARAWANG– Dalam rangka hari jadi Karawang ke-386, ratusan masyarakat di tumpah ruah mengikuti kegiatan mancing ...