Pemkab Karawang Bakal Terima Bantuan Rp 50 Milyar untuk Pengelolaan Sampah Citarum

KARAWANG – Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana bersama Kepala Dinas LHK Kab. Karawang menghadiri rapat persiapan usulan kebutuhan penanganan limbah domestik daerah aliran sungai (DAS) Citarum yang dipimpin oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum dan Sekda Provinsi Jawa Barat, di Ruang Papandayan, Gedung Sate, Bandung, Senin (24/6/2019).

Bupati Cellica hadir pada rapat tersebut bersama tujuh kepala daerah dan perwakilannya yakni Walikota Cimahi, Wakil Walikota Bandung, Wakil Bupati Bandung Barat, Wakil Bupati Purwakarta, Sekda Kabupaten Bandung, Sekda Kabupaten Cianjur dan perwakilan Dinas LH Kabupaten Bekasi.

Rapat tersebut membahas rencana bantuan untuk pengurangan serta pengelolaan sampah di sungai Citarum. Rencananya, Kabupaten Karawang bersama daerah lain bakal menerima bantuan sebesar Rp. 30 miliar hingga Rp. 50 miliar. Dana tersebut bisa digunakan untuk pembelian alat pengangkut sampah serta program kebersihan sungai Citarum.

Gubernur Ridwan Kamil mengatakan, daerah-daerah ini akan mendapatkan bantuan dana dengan anggaran berbeda. Perbedaan tersebut tergantung dengan volume sampah yang dihasilkan yang diperkirakan masuk ke Sungai Citarum.

Ada tiga komitmen dari Pemerintah Provinsi Jabar, yakni pengelolaan infrastruktur sampah regional, fasilitasi sinkronisasi kebijakan pengelolaan sampah antar pemerintah Kabupaten/kota, dan koordinasi pengolahan dan daur ulang sampah tingkat regional.

Sementara, dari Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota harus berkomitmen untuk pembuatan surat minat dan ketersediaan lokasi dari Kepala Daerah. Penyelenggaraan pewadahan dan pengumpulan sampah terpilah di sumber sampai TPS 3R. Hingga kesanggupan Pemkab/Pemkot untuk pembiayaan operasional dan pemeliharaan.

Dalam hal ini, Bupati Cellica sepakat dan siap mendukung untuk pengelolaan sampah sungai citarum. Dikatakan Bupati, Pemkab memiliki anggaran untuk pengelolaan sampah. Namun tidak besar. Padahal, pengelolaan sampah di Karawang tak hanya berasal dari sampah warga saja. Melainkan juga ada sampah yang berasal dari industri.

“Pemkab menyambut baik rencana ini. Kita dukung demi kebaikan semua. Insya Allah amanah bantuan dari Pemprov untuk pengelolaan sampah Citarum kita jalankan dengan baik dan sesuai dengan harapan,” ujar Bupati. (cim/rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Diduga Berbahaya, Aplikasi FaceApp Ternyata Buatan Rusia, FBI Turun Tangan

FAKTAJABAR.CO.ID – Beredar isu bahayanya FaceApp yang tengah viral, organisasi FBI sampai selidiki aplikasi tersebut! ...