22.755 Jiwa Penduduk Karawang Alami Kekeringan

KARAWANG – Sekitar 22.755 jiwa penduduk di Kabupaten Karawang terancam kekeringan.Data tersebut disampaikan Kepala BPDB setempat, Asep Wahyu saat mengadakan koordinasikan penanganan kekeringan dengan lintas instansi, pekan lalu di Pemkab Karawang.

Rapat yang dipimpin Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang dengan seluruh instansi akan bergerak untuk menangani kekeringan.

Asep Wahyu mengatakan dalam jangka pendek pengiriman air bersih akan tetap menjadi prioritas. Beberapa instansi pun telah siap untuk nengeluarkan armada pengangkut air.

“PDAM mereka telah menyiapkan 4 armada truk pengangkut air, lalu dari BPBD 1 truk air dan dari kepolisian ada watercanon,” katanya.

Ia menegaskan kekeringan di Karawang mengancam 14 desa di tiga kecamatan yakni 7 desa di Kecamatan Tegalwaru, 6 desa di Kecamatan Pangkalan dan 1 desa Kecamatan Ciampel.

“Total jiwa yang terancam kekeringan itu mencapai 22.755 jiwa,” katanya.

Kemudian, untuk jangka panjang lanjutnya, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan akan membanguan penampungan tadah hujan di lima titik Kecamatan Tegalwaru.

“Semua pihak tengah bergerak. Lalu Sekretaris Daerah (Sekda) juga akan menyurati industri untuk membantu penanganan air bersih,” pungkasnya. (cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Soal Limbah Beracun PT. Pindo Delli, Wabup Bersikap

KARAWANG – Wakil Bupati Karawang H. Ahmad Zamakhsyari melakukan diskusi bersama warga yang tinggal di ...