Mahasiswa KKN Unsika Tanam Pohon Di Bantaran Sungai Citarum

KARAWANG – Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) melangsungkan KKN dengan penanaman pohon di bantaran Sungai Citarum, Minggu 7 Juli 2019 di 4 Dusun yang terletak di Desa Kalangsari, Tarikkolot 5RT, Ds Wanajaya 5RT, Dsn Krajan 2RT Ds Sinarsari 2RT yang tentunya dusun tersebut dialirann Sungai Citarum.

Khansa Mardhiyah M. K sebagai Divisi Publikasi kegiatan KKN, mengatakan program ini di motori oleh mahasiswa/i KKN Desa Kalangsari 2019 beserta Dosen Pembimbing Lapangan Endah Purwanti S.Pd., M.Si. dan bekerja sama dengan Kodim beserta aparatur pemerintah Desa Kalangsari.

“Latar belakang di lakukannya penanaman ini ialah kewajiban dalam tematik KKN Unsika 2019 yang bertemakan Citarum harum. Kedua sebagai pelaksanaan dalam menyukseskan program pemerintah mengenai Citarum harum. Ketiga reboisasi serta memperkuat struktur tanah yang berada di bantaran Sungai Citarum. Benih pohon yang di tanami adalah benih pohon mahoni. Sebanyak 100 benih yang dibagi rata kepada 4 dusun 12 RT,” katanya.

Ia menjelaskan, pelaksanaan dilakukan pada pukul 08.00 secara serentak di 4 dusun, 12RT dengan diadakan nya kordinasi serta kerjasama antara mahasiswa/i KKN Unsika kalangsari, Kodim, aparatur pemerintah desa, karangtaruna, komunitas KRI ( Komunitas Relawan Independent) dan masyarakat. Penanaman dilakukan dilahan bantaran Sungai Citarum yang pada nantinya di rawat dan menjadi tanggung jawab masyarakat sekitar.

“Karena permasalahan saat ini yang sering muncul di bantaran Sungai Citarum adalah kurangnya penghijauan, dan kualitas struktur tanah yang rendah. Adanya penanaman pohon ini membuat masyarakat menjadi lebih produktif dalam menggarap dan merawatnya. Sehingga diharapkan adanya tindakan seperti ini dapat menyukseskan program pemerintah untuk membuat Sungai Citarum serta bantarannya lebih fungsional,” pungkasnya.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Karawang Meraih Penghargaan Kabupaten Layak Anak

Karawang – Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat meraih penghargaan sebagai ...

%d bloggers like this: