Mahasiswa KKN UNSIKA Ajak Masyarakat Bijak Dalam Internet

PURWAKARTA – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA), yang berada di Desa Mekargalih mengadakan sosialisasi internet sehat, Senin (22/7). Sosialisasi ini digelar di kantor aula Desa Makargalih dan mengundang perwakilan warga desa. Sosialisasi ini juga dilakukan agar masyarakat lebih melek terhadap media.

Sosialisasi internet sehat diisi oleh dua pemateri, yaitu Pak Aryo (Dosen Fakultas Hukum Universitas Singaperbangsa Karawang) dan Ahnaf Jauhari (Mahasiswa KKN Unsika). Sosialisasi ini bertujuan agar menciptakan masyarakat yang cerdas dalam menggunakan teknologi secara tepat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Kami memilih sosialisasi yang bertemakan Internet Sehat karena pada zaman sekarang masyarakat sudah banyak yang menggunakan teknologi karena manfaatnya sangat banyak, namun penggunaannya masih sering disalahgunakan,” ungkap Azmyl Kamala salah satu Mahasiswa KKN UNSIKA divisi Pendidikan.

Sementara, Pak Aryo memaparkan, sesuai dengan Undang – Undang Teknologi Elektronik (UUTE) salah satunya yaitu bahwa kita harus lebih bijak dalam menggunakan internet, memposting foto atau video yang berisi kesusilaan dan perjudian dilarang dalam pasal 27 ayat 2 tentang perjudian. “Dan setiap informasi yang disebarkan di internet, harus terkonfirmasi kebenarannya. Hal ini untuk menghindari berita bohong atau hoax. Berita bohong atau hoax ada di pasal 28 ayat 1,” terangnya.

Sosialisasi ini merupakan salah satu program kerja dari Mahasiswa KKN UNSIKA 2019 dari divisi Pendidikan. Selain sosialisasi internet sehat, divisi pendidikan sudah mengadakan program kerja taman baca dan bimbingan belajar.

Harapan dari para Mahasiswa KKN UNSIKA tersebut, dengan diadakannya sosialisasi tentang internet sehat ini, masyarakat dapat menggunakan internet dengan bijak dan sesuai ketentuan yang berlaku. Masyarakat juga dapat memanfaatkan internet secara positif dan sesuai dengan Undang – Undang Teknologi Elektronik (UUTE). (ff/lil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Warga Purwakarta Terima BLT Dana Desa

FAKTAJABAR.CO.ID – Warga Kabupaten Purwakarta telah mulai menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang berasal dari ...