Tercemar Minyak Mentah, Sejumlah Wisata Pantai di Karawang ditutup Sementara

KARAWANG – Berdampak pada pariwisata, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana menyayangkan insiden minyak tumpah di perairan Kabupaten Karawang, Jawa Barat dan memutuskan untuk menutup sementara tempat wisata pantai sampai waktu yang belum bisa ditentukan.

Lanjut Cellica, beberapa pantai di Karawang yang ditutup adalah Pantai Tanjung Pakis, Sedari, Pisangan, Samudera Baru, Pantai Pelangi. Berdadarkan hasil pendataan, minyak mentah mengotori sejumlah pantai di Karawang hingga Muara Gembong, Bekasi.

“Kami putuskan menutup sementara tempat-tempat wisata pantai karena air laut tercemar kandungan minyak. Dan itu tergolong berbahaya. Jadi kalau ada wisatawan berenang di situ khawatir gatal-gatal,” kata Cellica usai meninjau lokasi terdampak kebocoran minyak, Rabu (24/7).

“Baru akan dibuka ketika pantai sudah benar-benar bersih, sehingga tidak membahayakan wisatawan,” kata Cellica.

Cellica juga khawatir akan dampak kesehatan yang ditimbulkan dari insident tersebut. Pihaknya meminta agar pihak pertamina bisa mendirikan posko kesehatan dan air bersih guna diberikan pada masyarakat yang terkena dampak tersebut.

“Saya sudah berbicara dengan perwakilan pihak Pertamina untuk bisa menyediakan posko kesehatan di setiap desa yang terkena dampak,” tutur Cellica.

Sementara itu, Kepala Desa Cemarajaya Utara Yong Lim Supardi mengimbau masyarakat untuk tenang dan tidak khawatir berlebihan atas insiden tumpahnya minyak mentah tersebut. “Kami akan tangani secepatnya dan bersihkan pantai ini supaya wisatawan kembali ke sini,” tutur Yong Lim.

Ia menuturkan, minyak mentah itu mengotori 7 kilometer Pantai Pisangan. Ia sedang berkoordinasi dengan PHE ONWJ untuk membersihkan minyak mentah tersebut.(one)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Anak Penderita Stunting di Karawang Meninggal Dunia

Karawang – Seorang anak berusia 3 tahun berinisial Y yang ...