Usai Kuliah Mahasiswa Bisa Mandiri Dalam Wirausaha

KARAWANG -Hadirnya wirausaha muda dalam konteks perkembangan ekonomi Indonesia saat ini sangat penting. Khususnya para mahasiswa. Melalui profesi tersebut, nantinya mereka setelah meninggalkan bangku kuliah diharapkan bisa menjadi mandiri.

Demikian disampaikan Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana saat menghadiri Workshop Kewirausahaan Gerakan Nasional 1500 Wirausaha Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Karawang dengan mengangkat tema “Menghadapi dan Memenangkan Persaingan Global Masyarakat Ekonomi Asean, Kamis (25/7/2019) pagi di Aula Husni Hamid.

Menurut Bupati, setidaknya ada dua jalur karier yang akan ditempuh pascalulus kuliah, di antaranya menjadi pengusaha dan sebagai karyawan atau pegawai. Menurut dia, pentingnya menanamkan kesadaran wirausaha sejak usia muda bukan tanpa alasan. Selain memiliki kesempatan luas mengembangkan usahanya, memulai usaha sejak masih muda dapat menumbuhkan sikap mandiri.

“Terlepas apa pun pilihannya, ketika menjadi seorang pengusaha, maka jadilah pengusaha yang berhasil. Begitu juga ketika memilih meniti karier sebagai seorang karyawan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bupati memberikan motivasi kepada peserta workshop. Menurutnya tiga poin perlu disiapkan dalam enterpreneur. Adalah permodalan, kemampuan dan market.

Artinya, dijelaskan Bupati, permodalan sebagai dasar dalam usaha untuk menyiapkan produk dan menjualnya. Kedua kemampuan, suatu usaha harus punya kemampuan dalam pengembangan usaha dan promosikan melalui media sosial atau sebagainya.

“Dan terakhir market. Produk yang sudah ada dapat di promosikan, sehingga masyarakat penasaran akan produk kita,” katanya.

“Memulai usaha itu memang tidak ada kata terlambat, tapi sebaiknya itu harus dimulai sejak usia muda,” pungkasnya.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tiga Kelompok Curanmor Berhasil di Ringkus Polres Karawang

Karawang – Polres Karawang,Jawa Barat berhasil mengungkap kejahatan tiga kelompok ...