Bagaimana Jadinya Avanza Dibikin Hybrid?

FAKTAJABAR.CO.ID – Toyota dipastikan akan mengembangkan kendaraan berbasis listrik, yaitu mobil hybrid di Indonesia. Dana yang disiapkan tidak main-main, mencapai Rp 28,3 triliun yang akan dikeluarkan dalam empat tahun ke depan. 

Kira-kira seperti apa mobil hybrid Toyota yang akan diproduksi pertama kalinya di Indonesia? Jika ingin mengejar volume penjualan, mobil-mobil low MPV seperti Avanza atau mobil LCGC seperti Calya-Agya tentu jadi pilihan tepat untuk dijadikan hybrid.

Namun menurut Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto, Toyota belum tentu memproduksi mobil-mobil hybrid di segmen itu.

“Kami masih understudy, apakah mau masuk ke low? Karena market low kan besar. Tapi itu belum tentu juga, karena kalau membuat (mobil hybrid) low, nanti mau dihargai berapa?” kata pria yang akrab disapa Suryo, di Jakarta, belum lama ini, dilasir Detik.com.

Suryo menjelaskan untuk membuat mobil hybrid sesuai dengan selera pasar, harus ada masa penyesuaian atau biasa disebut grace period.

“Kayak ngomong Euro 4, pemerintah ngasih waktu untuk bensin satu tahun, diesel 3 tahun. Itu menunjukkan industri butuh penyesuaian. Jadi industri nggak semudah itu ngikutin secara langsung (keinginan pasar) kayak balikin telapak tangan,” katanya lagi.

Lanjut Suryo, untuk mengembangkan kendaraan ramah lingkungan di Tanah Air, Toyota memandang dari sisi regulator dan customer.

“Kalau bilang infrastuktur harus siap, mobilnya harus siap. Ya udah, itu masing-masing punya tanggung jawab. Kalau kami dari APM melihatnya dua, customer sama regulator pemerintah,” jelasnya.

“Jadi customer itu bagaimana, makanya kami tiga tahun ini meng-educate customer masalah elektrifikasi vehicle. Kalau dilihat dari GIIAS tiga tahun lalu, sampai kemarin itu kita tampilin terus kendaraan EV (Electric Vehicle). Kami ingin orang Indonesia lihat EV yang jadi cita-cita pemerintah. Pemerintah tinggal mau ke mana? Pasti APM akan ngikutin. Karena kalau kita nggak bisa ngikutin customer dan pemerintah ya nggak bakal bisa jualan mobil kita,” pungkasnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kuliner Nusantara GOW Karawang Sediakan 386 Jenis Makanan

KARAWANG – Menjelang Hari Ulang Tahun Karawang ke-386,Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Karawang menggelar Festival Kuliner ...