Menjelang Idul Adha, KIIC Dan Tenant Assosiasi Serahkan Hewan Kurban

Serahkan Hewan Kurban, manajemen KIIC, Dan Tenant Assosiasi kepada perwakilan Masyarakat disekitar Kawasan KIIC,Dilingkungan kantor Desa Margakaya, Kecamatan Telukjambe Barat, Jumat (9/8).

KARAWANG-menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah, yang jatuh pada tanggal 11 Agustus 2019 mendatang, Kawasan Industri Karawang Internasional Industrial City (KIIC) bersama Tenant Assosiasi, serahkan hewan kurban 18 ekor sapi dan 90 ekor Domba. Sebagai dalah satu Program Corporate Social Responsibility (CSR). Jumat (9/8),dilingkungan Kantor Desa Margakaya, Kecamatan Telukjambe Barat.

Hewan kurban tersebut diberikan untuk masyarakat di 8 desa (Margakaya, Wadas, Sukaluyu, Puseurjaya,Sirnabaya,Parungmulya,pinayungan dan Margamulya).

Sanny Iskandar, Direktur, PT. Maligi Permata Industrial Estate (KIIC), mengatakan pihaknya sudah memberikan hewan kurban sebagai salah satu bentuk CSR, dari tahun 2001, hingga saat ini. Tradisi tahunan tersebut masih berlangsung, pihaknya bersama pengusaha yang tergabung dalam tenant asosiasi berkomitmen untuk, membantu masyarakat sekitar perusahaan, agar sehat, pintar, dan sejahtera, lewat program CSR yang diberikannya.

“Pemberian hewan kurban ini adalah bentuk dari CSR kami kepada masyarakat sekitar. Pembagian ini sudah berlangsug dari tahun 2001 hingga sekarang ini sudah 18 tahun. Kami bersama gabungan perusahaan yang berada di Kawasan KIIC berupaya untuk membantu masyarakat sekitar kawasan, agar sehat, pintar dan sejahtera, melalui program CSR yang kami berikan,” katanya.

Lanjut Sanny, tahun ini merupakan pemberian hewan kurban yang ke 18, dengan jumlah bantuan hewan kurban yang diberikan sebanyak 47 ekor domba, dan 3 ekor sapi. Selain itu juga ada beberapa dari tenant yang ada di KIIC secara langsung juga memberikan bantuan hewan kurban berupa : 5 ekor Sapi dan 11 ekor domba dari PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, 2 ekor sapi yang berasal dari PT. HM. Sampoerna, Tbk, 1 ekor sapi dari PT. DNP Indonesia, 1 ekor sapi dan 3 ekor domba dari PT. Sankei Dharma Indonesia, 1 ekor sapi dari PT. Fuji Seat Indonesia, 1 ekor sapi dari PT. FCC Indonesia, 1 ekor sapi dari PT. EXEDY Mfg. Indonesia, 3 ekor sapi dan 5 ekor kambing dari PT AT Indonesia, 2 ekor domba dari PT. Nifco Indonesia, 2 Ekor ekor domba dari PT KAO Indonesia Chemical, 15 ekor domba dari PT Yamaha Indonesia Motor Mfg,3 ekor domba dari PT Saitama Stamping Indonesia,1 ekor domba dari PT Ftech Indonesia, dan 1 ekor domba dari PT Kawai Indonesia. Bantuan tersebut,menurut bambang sugeng akan langsung didistribusikan ke DKM-Masjid, Mushola dan perwakilan RT-RW yang berada di sekitar Kawasan Industri KIIC.

“Kegiatan ini adalah bentuk CSR kami selaku kawasan industri, dan gabungan perusahaan yang berada di kawasan Industri KIIC kepada masyarakat di sekitar kawasan. Kami meminta tolong kepada pihak desa maupun perwakilan masyarakat yang hadir dalam kesempatan ini, dapat menyampaikan amanat ini, kepada masyarakat yang berhak mendapatkannya daging kurban,” ungkapnya.

Dengan adanya bantuan hewan kurban ini, menjadi makna yang sebenarnya dari perayaan Idul Adha, yaitu bagaimana menumbuhkan semangat dan kesadaran berkurban dalam konteks yang lebih luas. Berkurban tak hanya terbatas dan berhenti pada aktivitas penyembelihan hewan ternak saja. Akan tetapi semakin meningkatnya kesadaran untuk memberikan apapun yang miliki, baik waktu, tenaga dan pikiran, serta harta benda sebagai sarana untuk beribadah.

“Dalam peringatan hari raya Idul Adha ini mengingatkan kita bahwa pengorbanan apapun yang dilakukan dengan iklas dan tawakal akan mendapatkan balasan berlipat ganda. Terlebih apabila kita meningkatkan kepedulian terhadap sesama kita, terutama bagi yang membutuhkan,” pungkasnya.

Sementara, Wakil ketua tenant Assosiasi KIIC, Mr Ohara Menambahkan. KIIC bersama-sama dengan Tenant Association secara terus menerus memiliki komitmen dan kepedulian terhadap masyarakat sekitar, hal ini terlihat dengan adanya program-program CSR (Corporate Social Responsibility).

“CSR Lainnya meliputi, Program Kepedulian Sumber Daya Masyarakat, diantaranya beasiswa, pemberian peralatan sekolah seperti komputer, meubeler dan kegiatan kunjungan di perusahaan (Factory Visit). Program Kepedulian Kesehatan Masyarakat, diantaranya PMT di Posyandu 5 desa, fogging emergency, kader jumantik, donor darah, dan PMT Pemulihan untuk anak penderita gizi kurang. Program Kepedulian Ekonomi Masyarakat, diantaranya program pelatihan pertanian dan kewirausahaan bagi masyarakat desa seperti kantin, penjahit, kebersihan kawasan dan keamanan kawasan. Program Kepedulian Sosial dan Kemasyarakatan, diantaranya bantuan paket sembako menyambut Hari Raya Idul Fitri, bantuan bencana alam, bantuan hewan qurban untuk peringatan Idul Adha, mendukung renovasi dan konstruksi fasilitas umum serta partisipasi untuk kegiatan olahraga dan kesenian di desa. Program Pelatihan Bidang Pertanian dan Pelestarian Lingkungan melalui Program CSR bersama (telaga desa Agro-enviro education park) antara KIIC dan 34 perusahaan yang ada di dalamnya. telaga desa dibangun dan didedikasikan untuk tempat penelitian dan pendidikan, atau pelatihan kepedulian di bidang pertanian, perikanan dan peternakan serta merupakan tempat pelestarian lingkungan seperti tanaman langka dan eko wisata,” tukasnya. (dds)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Soal Limbah Beracun PT. Pindo Delli, Wabup Bersikap

KARAWANG – Wakil Bupati Karawang H. Ahmad Zamakhsyari melakukan diskusi bersama warga yang tinggal di ...