Harus Ganti! Ini 4 Tanda Aki Mobil Rusak

FAKTAJABAR.CO.ID – Tanda aki mobil rusak paling umum adalah mobil sulit distarter atau bahkan mogok diperjalanan. Padahal sebelum itu terjadi, ada tanda-tanda lain yang bisa Anda deteksi.

Sama seperti komponen mobil yang lainnya, aki alias accu juga memiliki usia pakai. Namun terkadang pemilik mobil baru mengetahui jika aki mobil rusak setelah mengalami mogok diperjalanan. Paling sering akibat aki tidak lagi misa mensuplai sumber listrik ke seluruh komponen mobil.

Padahal tanda aki mobil rusak bukan sekedar aki soak dan mobil mogok. Banyak yang bisa dideteksi sebelum aki benar-benar tidak dapat digunakan lagi. Apa saja? Berikut penjelasannya:

Indikator Menyala

Tanda aki mobil rusak paling mudah dikenali adalah indikator aki pada panel instrumen biasanya menyala. Keadaan ini kemudian diikuti mesin mobil yang sulit distarter akibat aki yang tidak lagi memiliki arus listrik.

Mesin Pincang

Istilah mesin pincang biasanya akibat kerusakan pada komponen pengapian, seperti busi. Padahal aki mobil yang rusak juga bisa menyebabkan mesin pincang. Cara deteksinya bisa dengan menyalahkan lampu utama, apabila cenderung redup dibanding biasanya, maka dipastikan accu bermasalah.

Berkerak/Korosi

Pada beberapa kasus, pemilik mobil mendapati aki mobil mereka timbul kerak. Kerak ini muncul pada kutup-kutup aki. Untuk menghilangkannya siram dengan air panas pada kerak, kemudian gosok perlahan dengan sikat kawat sampai kerak benar-benar hilang.

Menggembung

Selain kerak, ada juga kasus aki mobil menggembung. Tanda aki mobil rusak yang satu ini biasanya karena accu mengalami pengisian daya listrik yang berlebihan. Segera ganti dengan aki baru sebelum komponen ini meledak dan terbakar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Konser Kemanusiaan Voice Humanity For Disability, APDL dan AJD Hadirkan Sejumlah Artis Disabilitas

BANDUNG– Aliansi Perempuan Disabilitas Lansia (APDL) dan AJD akan menggelar konser kemanusiaan ‘VOICE HUMANITY FOR ...