Pekan Depan, Kompensasi Tumpahan Minyak Karawang Dibagikan

KARAWANG– Pertamina Hulu Energi segera mengganti rugi warga yang terdampak tumpahan minyak akibat anomali di sumur YYA-1 di lepas pantai Karawang, Jawa Barat. Tim penanganan dampak eksternal Pertamina Hulu Energi menargetkan pendataan selesai pekan ini.

“Kita harapkan pendataan selesai minggu ini. Minggu depan, bisa menyalurkan ganti rugi kepada masyarakat yang terdampak dari hasil verifikasi,” kata Ketua Tim Penanganan Dampak Eksternal Rifkky Effendi.

Rifki menyebut hasil pendataaan sudah terkumpul dari 60-70% dari area yang terdampak. Data diverifikasi bersama Dinas Perikanan dan Kelautan Karawang dan dinas terkait lain. Pihaknya tidak ingin kejadian ini mengganggu pendapatan.

Upaya pemulihan tumpahan minyak berupaya penguatan infrastruktur sumur dan menutup sumur bor. Tim sudah menerjunkan 279 personel untuk mendata di tujuh kabupaten/kota di tiga provinsi

Wilayah yang didata yaitu Kabupaten Karawang, Bekasi, Kepulauan Seribu, Tanggerang, Kotamadia Serang, Kabupaten Serang dan Kotamadia Cilegon.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengaku sebaran tumpahan minyak mentah mencapai sembilan desa di Karawang dan dua desa di Bekasi. Namun, dia belum mau berkomentar terkait klaim tumpahan minyak mencapai Kepulauan Seribu.

Sampai saat ini pihaknya terus mengawasi arah tumpahan. Dia memastikan penanganan dilakukan maksimal.

“Pengamatan sedang dilakukan untuk mengambil contoh dulu dan harus memastikan jika itu merupakan tumpahan minyak dari kejadian yang sama,” pungkas Fajriyah.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Punya Utang ke Pinjol? Baznas Bisa Bantu Melunasi, Baca Selengkapnya

Karawang – Dua lembaga yang ada di Indonesia yaitu Badan ...