Catat Sejarah Baru, Bupati Gelar Upacara HUT RI Ke-74 di Monumen Tugu Rengasdengklok

FAKTAJABAR.CO.ID – Pertama kali dalam sejarah kegiatan upacara peringatan hari kemerdekaan RI ke-74 dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Karawang bertempat di kawasan monumen tugu proklamasi Rengasdengklok menggugah rasa penasaran masyarakat untuk hadir dan memenuhi seputar area lokasi, Sabtu (17/08).

Bahkan, kehadiran masyarakat dari berbagai daerah menyebabkan penumpukam kendaraan di sejumlah ruas jalan menuju lokasi kegiatan upacara kemerdekaam RI ke-74 di monumen tugu Proklamasi Rengasdengklok.

Sekertaris daerah Kabupaten Karawang, Acep Jamhuri, ketika di temui Fakta Jabar mengakui upacara peringatan hari kemerdekaan RI ke-74 di pelataran monumen tugu proklamasi Rengasdengklok diharapkan menjadi satu konsep yang bisa dilakukan secara berkelanjutan.

Artinya, Rengasdengklok sebagai salah satu bagian dari catatan sejarah bangsa memproklamirkan kemerdekaan RI harus tetap diutamakan meski pun ke depan kegiatan dilaksanakan di pusat kota Karawang, “Setiap kali momentum hari kemerdekaan RI tiba, kita utamakan bendera merah putih yang akan dikibarkan pada kegiatan upacara tahun depan dibawa dari Rengasdengklok. Tahun depan, kita laksanakan upacara di Rengasdengklok tiap tanggal 16 untuk membawa bendera merah putih menuju ke pusat kota Karawang untuk dikibarkan pada tanggal 17 agustus,” jelasnya.

Berdasarkan pantauan di lokasi, kegiatan upacara kemerdekaan RI dipimpin langsung oleh Bupati Karawang, Dr. Cellica Nurachadiana sebagai inspektur upacara menampilkan pasukan paskibraka dengan formasi 17-8-45 yang merupakan gabungan dari kalangan pelajar bersama Anggota TNI dan Polri.

Sebagai penghormatan, bertindak sebagai pembaca naskah teks proklamasi Kapolres Karawang dilanjutkan sesi detik detik proklamasi yang ditandai bunyi sirine yang diwarnai suara dentuman kembang api yang berasal dari atas langit rumah sejarah penculikan Bung Karno milik keluarga Djaw Kie Siong.

Sebelum meninggalkan lokasi, Bupati Karawang, Dr. Cellica Nurachadiana menyampaikan perasaan isi hatinya bertindak sebagai inspektur upacara peringatan kemerdekaan RI di lokasi monumen tugu Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, melihat antusias ribuan maayarakat yang hadir memenuhi lokasi kegiatan.

“Saya senang sekali melihat semangat masyarakat ikut hadir ke lokasi upacara memperingati hari kemerdekaan,” jelasnya sembari melayani beberapa masyarakat yang meminta foro bersama.

Selanjutnya, Bupati Karawang menyampaikan agar masyarakat memakni hari kemerdekaan dengan berbagai kreatifitas, tidak terkecuali bagi kalangan disabilitas, “Pemerintah daerah Karawang akan memberikan semangat dan dukungan bagi kalangan disabilitas untuk memaknai kemerdekaan dengan beragam kegiatan yang kreatif. Kita tidak membeda-bedakan,” ungkapnya sembari menerima hadian karya tangan masyarakat Rengasdengklok berupa miniatur monumen tugu Proklamasi Rengasdengklok yang diserahkan secara simbolis pleh Ketua Karang Taruna Kecamatan Rengasdengklok, Topan Sopian. (sgt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ini Kata Kadisdik Soal Demo Pengawas

KARAWANG – Kadisdikpora H Dadan Sugardan angkat bicara soal aksi massa kepsek yang menggeruduk kantor Disdikpora ...