Komunitas Guru Geografi Punya Peran Pengendalian Penduduk

KARAWANG – Komunitas Guru pelajaran Geografi di Kabupaten Karawang memiliki peran dalam pengendalian penduduk Kota Pangkal Perjuangan. Sehingga Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) setempat menggandeng para guru untuk membantu sosialisasi pengendalian penduduk.

Kasi Dalduk DPPKB Karawang, Dadang Dimyati, mengatakan, Rabu 21 Agustus 2019 melakukan pertemuan sekaligus sosialisasi dengan komunitas guru Geografi se Karawang yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran Geografi. Kegiatan yang berlangsung di SMAN 3 Karawang tersebut dihadiri 30guru geografi dari berbagai sekolah di Karawang.

“Guru Geografi menempati posisi penting dalam program KKBPK, khususnya pengendalian penduduk,” kata Dadang.

Menurutnya dalam waktu dekat forum MGMP geografi di Karawang akan melakukan studi banding ke OPR KB Kota Sukabumi dalam rangka pembentukan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) di Karawang.

“Sukabumi adalah rujukan SSK tingkat nasional, Karawang akan mencontoh Sukabumi dalam pengelolaan SSK,” jelasnya.

Lanjutnya SSK merupakan aktipitas guru dan siswa dalam mengembangkan program kependudukan sejak dini. Siswa dikenalkan bagamana pemanfaatan bonus demografi, dibekali pengetahuan agar siap memanfaatkan usia produktifnya untuk pembangunan nasional.

“Inilah agenda penting DPPKB dalam menyukseskan RPMJD Karawang saat ini. Kami harus bergerak cepat dan terukur hingga 2020 ini,” pungkasnya.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Deretan Kios di Asy-Syuhada Diduga Tak Berizin, H Deden Darmansyah : Harusnya Disegel Pol PP

KARAWANG – Pembangunan kios yang ada di halaman Masjid Besar ...