Tetap Eksis Bergaya Sunda di Distro Heuras Genggerong

KARAWANG – Semakin berkembang pesatnya era modernisasi saat ini, ikut mendorong kebudayaan tradisional lokal untuk terus berinovasi dan berlomba-lomba dalam menghadirkan nuansa kekinian, namun tidak menghilangkan nilai dan ciri khas tradisional yang jadi keutamaanya. Hal tersebut didasari atas kebutuhan kaum millennial yang menuntut segala sesuatunya agar dapat terus diperbarui seiring perkembangan zaman.

Di Jawa Barat sendiri, berbagai inovasi produk kebudayaan Sunda terus bermunculan dan dikemas semenarik rupa mengikuti perkembangan trend masa kini, salah satunya di bidang Fashion. Sehingga banyak outlet dan distro yang menyediakan produk fashion berkualitas premium, namun dengan desain tradisional Sunda yang kece dan kekinian. Salah satu contohnya adalah Distro Heuras Genggerong yang berlokasi di Jalan Syech Quro nomor 22, Desa Palumbonsari, Kabupaten Karawang.

Berdiri sejak akhir tahun 2013, Distro Heuras Genggerong berawal dari kebingungan pendatang dan turis dari luar daerah yang bertanya soal tempat untuk membeli oleh-oleh yang menjadi icon khas Karawang lantaran masih sangat jarang dijumpai.

Dari situlah, pemilik distro, Jajat Sudrajat mulai serius mengembangkan bisnis fashion ini dengan tujuan mengenalkan Kota Karawang kepada masyarakat luar daerah, melalui berbagai macam produk yang ditawarkan, mulai dari kaos, sweater, topi, celana pangsi, iket sunda, hingga gelas dengan desain Khas Karawang punya.

Pengelola Distro, Andi mengatakan, nama Heuras Genggerong sendiri berarti keras perkataannya ditujukan karena kebiasaan masyarakat Karawang yang berbicara dalam nada lantang atau keras. “Tiap harinya ada kurang lebih 20 pengunjung yang datang, kami bisa meraup omset maksimal hingga 1 juta perharinya,” ujarnya kepada Fakta Jabar, Kamis (22/8).

Andi menambahkan, barang yang sangat laris terjual disini adalah kaos dengan bahan Cotton Combed 30s yang adem dan nyaman dipakai, cocok dengan cuaca perkotaan di Karawang sebagai kota industri yang dikenal panas. Harga yang ditawarkan untuk tiap produknya pun sangat terjangkau, ada di kisaran 60 sampai 90 ribuan saja. “Selain produk fashion, kami juga menjual beberapa produk cemilan buatan UMKM masyarakat lokal Kota Karawang. Distro Heuras Genggerong sendiri buka setiap harinya mulai pukul 09.00 sampai 21.00 WIB,” pungkasnya. (dim/lil)

Video:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ini Kata Kadisdik Soal Demo Pengawas

KARAWANG – Kadisdikpora H Dadan Sugardan angkat bicara soal aksi massa kepsek yang menggeruduk kantor Disdikpora ...